LAPORAN PENELITIAN PERLINDUNGAN HUKUM TENAGA PERAWAT INDONESIA DI JEPANG (LEGAL PROTECTION OF INDONESIAN NURSE IN JAPAN)

Hardiwinoto, Soekotjo and Paulus, Darminto Hartono and Idris, Muchsin (2017) LAPORAN PENELITIAN PERLINDUNGAN HUKUM TENAGA PERAWAT INDONESIA DI JEPANG (LEGAL PROTECTION OF INDONESIAN NURSE IN JAPAN). [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
148Kb
[img]
Preview
PDF
925Kb

Abstract

Perlindungan Hukum Tenaga Perawat Indonesia di Jepang merupakan perlindungan yang diberikan oleh negara yang bersifat resmi dan mengikat, berpedoman pada peraturanperaturan negara tersebut. Perawat Indonesia sebagai subjek hukum merupakan pemegang hak dan kewajiban sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk melakukan inventarisasi terhadap peraturanperaturan tentang perlindungan hukum Tenaga Perawat Indonesia dan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia dalam mengatasi para Tenaga Perawat Indonesia yang kurang memahami aturan-aturan tentang perlindungan hukum. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan yuridis normatif dan metode analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan perlindungan hukum bagi Tenaga Perawat Indonesia berdasarkan ketentuan hukum yang ada dalam masyarakat, seperti Hukum Nasional Indonesia, Hukum Nasional Jepang dan Hukum Internasional. Perlindungan hukum dilakukan sebelum keberangkatan, saat bekerja di Jepang dan setelah kembali ke Indonesia. Pemerintah memiliki fungsi dan tugas untuk memberikan perlindungan hukum untuk Perawat Indonesia berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan kepada petugas, agar lebih memahami aturan-aturan hukum sehingga akan mengarah kepada upaya koordinatif dan informatif antar petugas dan perawat. Dalam kenyataannya, implementasi dari perlindungan hukum terhadap Tenaga Perawat Indonesia masih jauh dari yang diharapkan. Kata kunci: peraturan, hukum, perlindungan, perawat Indonesia, Jepang.

Item Type:Experiment
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:75240
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:08 Aug 2019 10:00
Last Modified:08 Aug 2019 10:00

Repository Staff Only: item control page