Limbah Elektronik, Unequal Gains,dan Side Payments: Rasionalitas Nigeria dalam Impor Barang Elektronik Bekas tahun 2006 - 2010

Cynthia Aziza, Soekarno (2019) Limbah Elektronik, Unequal Gains,dan Side Payments: Rasionalitas Nigeria dalam Impor Barang Elektronik Bekas tahun 2006 - 2010. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
17Mb
[img]
Preview
PDF - Published Version
370Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
365Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1061Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
186Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
77Kb

Abstract

Limbah elektronik merupakan salah satu isu lingkungan kontemporer yang menjadi tantangan baru bagi lingkungan global di abad kedua puluh satu. Sebagai salah satu perjanjian lingkungan yang paling komprehensif dalam kaitannya menangani perpindahan limbah elektronik lintas batas, Konvensi Basel memiliki celah legal yang menimbulkan pro dan kontra terkait dengan penggunaan kembali barang elektronik bekas di negara berkembang. Berkaitan dengan hal ini, studi kasus impor barang elektronik bekas ke Nigeria pada tahun 2006 hingga 2010 menjadi studi kasus yang menarik untuk diteliti. Meskipun terdapat temuan mengenai malfungsi terhadap sekitar 25 hingga 75% barang elektronik bekas yang masuk pada tahun 2005, impor barang elektronik bekas ke Nigeria terus terjadi hingga tahun 2010. Dalam memahami isu perpindahan limbah elektronik lintas batas dalam konteks Hubungan Internasional, penelitian ini menyorot pada celah legal Konvensi Basel. Penelitian ini akan menggunakan perspektif rasionalisme untuk mengetahui alasan Nigeria tetap mengimpor barang elektronik bekas meskipun terdapat indikasi pembuangan limbah elektronik di negara tersebut. Pengumpulan data daripada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan yang dianalisis menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rasionalitas Nigeria dalam mengimpor barang elektronik bekas meskipun terdapat indikasi pembuangan limbah elektronik di negara tersebut adalah karena adanya side payment yang didapatkan oleh negara tersebut dalam transfer barang elektronik bekas.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JZ International relations
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
ID Code:75236
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Aug 2019 08:42
Last Modified:28 Aug 2019 08:42

Repository Staff Only: item control page