PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi Pada Portobello Café Semarang)

Rendhy Yosua Putra , Sinambela (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN (Studi Pada Portobello Café Semarang). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
507Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
447Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
275Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
820Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
106Kb

Abstract

Perkembangan bisnis jasa kuliner semakin meningkat pesat pada saat ini, mereka bersaing dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini dilakukan pada Portobello Café Semarang. Data penjualan Portobello Café Semarang menunjukkan adanya fluktuasi jumlah penjualan dan adanya jumlah keluhan pengguna jasa Portobello Cafe berkaitan dengan pelayanan dan harga. Portobello Café harus mampu memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggannya, pelayanan yang baik harus diimbangi dengan harga yang sesuai dengan apa yang diberikan oleh Portobello Café Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) terhadap minat beli ulang (Y) konsumen pada Portobello Café Semarang. Tipe penelitian menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara pendahuluan, pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebesar 100 responden dengan tekhnik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap minat beli ulang secara positif dan signifikan. Nilai koefisien regresi pada variabel kualitas pelayanan (0,677) dan harga (0,493). Nilai t-hitung variabel kualitas pelayanan (4,706) dan harga (4,902). Kualitas pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh terhadap variabel minat beli ulang secara positif dan signifikan dengan nilai koefisien regresi berganda. Nilai koefisien regresi berganda variabel kualitas pelayanan (0,497) dan harga (0,374) dengan nilai f-hitung (19,305). Saran yang dapat disampaikan untuk perusahaan adalah meningkatkan minat beli ulang konsumen yang berkaitan dengan minat untuk memiliki preferensi utama pada produk dan minat untuk selalu mencari informasi mengenai produk. Meningkatkan kualitas pelayanan Portobello Café, terutama pada kemampuan karyawan mengenali konsumen sebagai pelanggan dan memahami setiap kebutuhan konsumen. Melakukan kebijakan yang tepat berkaitan dengan penetapan harga, yaitu dengan melakukan perbandingan harga dengan café setara lainnya.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
ID Code:75228
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Aug 2019 09:33
Last Modified:08 Aug 2019 09:33

Repository Staff Only: item control page