LAPORAN PENELITIAN INSTRUMEN HUKUM KETAHANAN KELUARGA DI PROVINSI JAWA TENGAH ( STUDI KASUS PERATURAN DAERAH TENTANG KETAHANAN KELUARGA )

Tyesta ALW, Lita and Diamantina, Amalia and Rosyada, Amrina (2017) LAPORAN PENELITIAN INSTRUMEN HUKUM KETAHANAN KELUARGA DI PROVINSI JAWA TENGAH ( STUDI KASUS PERATURAN DAERAH TENTANG KETAHANAN KELUARGA ). [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
PDF
1945Kb

Abstract

Dalam perspektif Ketahanan Nasional, keluarga adalah salah satu gatra penting dalam menjaga dan menguatkan bangsa dan negara. Ketahanan keluarga dapat diartikan sebagai kondisi dinamis suatu keluarga yang berisi keuletan dan ketangguhan dalam menghadapi serta mengatasi segala ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan, yang datang dari luar maupun dari dalam, secara langsung maupun tidak langsung, yang membahayakan keharmonisan, kelangsungan, serta keutuhan keluarga. Oleh karenanya, diperlukan cara pandang baru terhadap keluarga, dimana salah satu alasan masih besarnya masalah ketahanan dan kesejahteraan keluarga di Indonesia adalah karena kebijakan keluarga yang setengah hati yang tidak disertai dengan cara pandang melihat peran keluarga dalam Negara. Cara pandang tersebut dituangkan dalam instrument hokum, salah satunya adalah diundangkannya UU No. 25 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Penelitian ini hendak menyusun Naskah Akademik beserta Raperda yang sesuai dengan konsep pembangunan ketahanan keluarga sebagai acuan Pemerintah Daerah Provinsi. Kenyataan selama ini baru Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Gorontalo yang sudah memiliki Peraturan Daerah tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga, padahal instrument hokum ini sangat penting untuk menjaga dan menguatkan kekokohan bangsa dan Negara.Penelitian ini menggunakan Metode Yuridis Nomatif dengan pendekatan perundang-undangan, konsep dan perbandingan. Hasil yang diharapkan adalah model instrument Peraturan Daerah tentang Pengaturan Pembangunan Ketahanan Keluarga. Kata Kunci: Instrumen Hukum, Ketahanan Keluarga, Peraturan Daerah

Item Type:Experiment
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:75225
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:08 Aug 2019 09:19
Last Modified:08 Aug 2019 09:19

Repository Staff Only: item control page