Pengaruh Logbook Berbasis Gantt Chart terhadap Kepatuhan Diet Nutrisi dan Cairan Pasien yang Menjalani Hemodialisis di RSUP Dr. Kariadi Semarang

Mubarak, Zaky and Mahati, Endang and Anggorowati, Anggorowati (2019) Pengaruh Logbook Berbasis Gantt Chart terhadap Kepatuhan Diet Nutrisi dan Cairan Pasien yang Menjalani Hemodialisis di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

2475Kb
[img]Microsoft Word
119Kb

Abstract

Pasien hemodialisa dalam periode intradialitik mengalami dehidrasi dan malnutrisi minimal. Monitoring asupan nutrisi dan cairan antara lain melalui Logbook berbasis Gantt Chart menjadi media pengatur status hidrasi dan nutrisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Logbook berbasis Gantt Chartterhadap kepatuhan diet nutrisi dan cairan pasien yang menjalani Hemodialisis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy experimental (penelitian eksperimen semu) dengan pre and post test nonequivalent control group. Total sample dari penelitian ini adalah 72 responden yang terdiri atas 36 responden kelompok intervensi dan 36 responden kelompok kontrol. Data diambil menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan Uji Mc. Nemar. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara kelompok intervensi dan kontrol dengan P Value< 0.005. Pemberian logbook berbasis gantt chart efektif dalam meningkatkan kepatuhan diet nutrisi dan cairan pada apasien yang sedang menjalani hemodialisis.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:75204
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:27 Sep 2019 13:58
Last Modified:27 Sep 2019 13:58

Repository Staff Only: item control page