IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA GAMBIRANOM KECAMATAN BATURETNO KABUPATEN WONOGIRI (Kajian Pasal 7 huruf b Kewajiban Keluarga Penerima Manfaat Bidang Pendidikan)

Rizki Budi, Rahayu (2019) IMPLEMENTASI PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA GAMBIRANOM KECAMATAN BATURETNO KABUPATEN WONOGIRI (Kajian Pasal 7 huruf b Kewajiban Keluarga Penerima Manfaat Bidang Pendidikan). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.

[img]
Preview
PDF - Published Version
653Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
652Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
239Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
353Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
203Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
188Kb

Abstract

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bidang pendidikan masih ada yang tidak memenuhi kewajibannya sesuai dengan regulasi yang berlaku menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian untuk menganalisis implementasi Program Keluarga Harapan di Desa Gambiranom, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Mengidentifikasi dan menganalisis faktor penghambat dalam implementasi Program Keluarga Harapan di Desa Gambiranom. Teori yang digunakan adalah teori implementasi Daniel A. Mazmanian dan Paul A. Sabatier serta Van Meter dan Van Horn dengan variabel karakteristik masalah dan lingkungan kebijakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Keluarga Harapan di Desa Gambiranom belum sesuai dengan tujuan menciptakan perubahan perilaku Keluarga Penerima Manfaat dilihat dari kegiatan pendampingan, verifikasi komitmen, dan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga yang belum dilaksanakan dengan baik. Faktor penghambat implementasi kebijakan PKH adalah kesulitan teknis, kemajemukan kelompok sasaran, proporsi kelompok sasaran terhadap total populasi, kondisi sosial ekonomi, dan dukungan dari kelompok kepentingan. Saran yang diberikan yaitu perlunya membatasi pergaulan anak yang menyebabkan membolos, pemberian pemahaman kepada kelompok sasaran, pengawasan dan pemantauan terhadap anak dan membangkitkan rasa tanggungjawab dari KPM.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
ID Code:75203
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:08 Aug 2019 08:48
Last Modified:08 Aug 2019 08:48

Repository Staff Only: item control page