Prio , Wicaksono (2019) Hubungan Terpaan Iklan Tvc Bukalapak dan Tingkat Pendapatan Dengan Minat Bertransaksi Di Bukalapak. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Sciences.
| PDF - Published Version 373Kb | |
| PDF - Published Version 799Kb | |
| PDF - Published Version 139Kb | |
| PDF - Published Version 96Kb | |
| PDF - Published Version 54Kb |
Abstract
Iklan adalah instrumen promosi yang mudah dalam mengkomunikasikan dengan konsumen mengenai kemudahan dan keunggulan suatu jasa atau produk. Bukalapak menjadi retail daring yang mengeluarkan dana iklan paling besar untuk belanja iklan TVC yaitu sebesar 813,78 miliar rupiah. Bukalapak mengeluarkan dana terbesar untuk iklan TVC tetapi masih menempati posisi empat pada survey Top Brand Award. Pencarian informasi adalah salah satu ciri minat bertransaksi. Dengan adanya kenaikan pendapatan, seharusnya diimbangi dengan kenaikan minat beli. Menurut BPS Jateng, pada tahun 2018 penghasilan rata-rata penduduk adalah Rp36,78 juta/tahun. Rata-rata pendapatan penduduk Jawa Tengah itu mengalami peningkatan dibanding 2017 yang hanya Rp34,22 juta/tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan iklan TVC Bukalapak dan tingkat pendapatan dengan minat bertransaksi di Bukalapak. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Advertising Exposure dan Teori Kategori Sosial. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksplanatori. Peneliti menggunakan teknik non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang yang berusia 17-34 tahun di kota Semarang yang terkena terpaan iklan TVC Bukalapak dan mempunyai pendapatan. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan analisis korelasi Kendall’s Tau, menunjukan bahwa terdapat hubungan positif pada variabel terpaan iklan TVC Bukalapak dengan minat bertransaksi di Bukalapak dengan signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,845. Variabel tingkat pendapatan dengan minat bertransaksi di Bukalapak juga berhubungan positif dengan signifikansi 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0.687. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara terpaan iklan TVC Bukalapak dan tingkat pendapatan dengan minat bertransaksi di Bukalapak. Dengan hasil tersebut, disarankan kepada Bukalapak untuk melakukan penelitian agar strategi iklan lebih efektif terkena pada khalayak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 75177 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 07 Aug 2019 09:40 |
Last Modified: | 07 Aug 2019 09:40 |
Repository Staff Only: item control page