Andika , Wibisono (2019) Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Mobile Legend dan Pengawasan Orang tua dengan Perilaku Agresif Verbal Pada Anak Remaja. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.
| PDF - Published Version 646Kb | |
| PDF - Published Version 1217Kb | |
| PDF - Published Version 1570Kb | |
| PDF - Published Version 324Kb | |
| PDF - Published Version 295Kb |
Abstract
Perkembangan teknologi berkembang dengan pesat khususnya pada video game online dan memberi dampak bagi para pemainnya khususnya pada anak remaja. Dengan adanya pengawasan orang tua menjadi dasar untuk mengurangi dampak negatif seperti agresif yang di ciptakan dari kekerasan video game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain game mobile legend dan pengawasan orang tua dengan perilaku agresif verbal pada anak remaja. Dalam menentukan hipotesis yang akan digunakan, penelitian ini menggunakan teori General Aggression model (GAM) dan parental mediation dengan model Interaction Restrictions. Populasi penelitian adalah anak remaja yang berusia 16-18 tahun di Kota Semarang yang bermain game Mobile Legend. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Kendall’s Tau b, menunjukkan hasil bahwa: nilai signifikansi dan korelasi (H1) yang dihasilkan dari hasil pengujian Kendall’s Tau b dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.001 (dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.01 (≤ 1%)) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.771 yang menunjukkan bahwa hubungan antar variabel memiliki korelasi yang positif, dan tingkat hubungannya terbukti positif kuat. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil tersebut dapat disimpulkan. Sedangkan nilai signifikansi dan korelasi (H2) yang dihasilkan dari hasil pengujian Kendall’s Tau b dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 (dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.01 (≤ 1%)) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.782 yang menunjukkan bahwa hubungan antar variabel memiliki korelasi yang positif, dan tingkat hubungannya terbukti positif dan kuat. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil tersebut dapat disimpulkan. Kata Kunci: Intensitas bermain game online, Pengawasan Orang Tua, dan Perilaku Agresif Verbal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
ID Code: | 75081 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 05 Aug 2019 14:44 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 14:45 |
Repository Staff Only: item control page