Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Mobile Legend dan Pengawasan Orang tua dengan Perilaku Agresif Verbal Pada Anak Remaja

Andika , Wibisono (2019) Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Mobile Legend dan Pengawasan Orang tua dengan Perilaku Agresif Verbal Pada Anak Remaja. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
646Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1217Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1570Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
324Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
295Kb

Abstract

Perkembangan teknologi berkembang dengan pesat khususnya pada video game online dan memberi dampak bagi para pemainnya khususnya pada anak remaja. Dengan adanya pengawasan orang tua menjadi dasar untuk mengurangi dampak negatif seperti agresif yang di ciptakan dari kekerasan video game. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara intensitas bermain game mobile legend dan pengawasan orang tua dengan perilaku agresif verbal pada anak remaja. Dalam menentukan hipotesis yang akan digunakan, penelitian ini menggunakan teori General Aggression model (GAM) dan parental mediation dengan model Interaction Restrictions. Populasi penelitian adalah anak remaja yang berusia 16-18 tahun di Kota Semarang yang bermain game Mobile Legend. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan menggunakan Kendall’s Tau b, menunjukkan hasil bahwa: nilai signifikansi dan korelasi (H1) yang dihasilkan dari hasil pengujian Kendall’s Tau b dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.001 (dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.01 (≤ 1%)) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.771 yang menunjukkan bahwa hubungan antar variabel memiliki korelasi yang positif, dan tingkat hubungannya terbukti positif kuat. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil tersebut dapat disimpulkan. Sedangkan nilai signifikansi dan korelasi (H2) yang dihasilkan dari hasil pengujian Kendall’s Tau b dengan menggunakan SPSS didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.000 (dimana tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.01 (≤ 1%)) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.782 yang menunjukkan bahwa hubungan antar variabel memiliki korelasi yang positif, dan tingkat hubungannya terbukti positif dan kuat. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil tersebut dapat disimpulkan. Kata Kunci: Intensitas bermain game online, Pengawasan Orang Tua, dan Perilaku Agresif Verbal

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:75081
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:05 Aug 2019 14:44
Last Modified:05 Aug 2019 14:45

Repository Staff Only: item control page