Pemetaan Posisi Produk Telkomflexi di Kota Semarang dan Implikasinya dalam Perbaikan Produk dengan Metode Competitive Intelligence. (Studi kasus di PT. Telkom Divre IV Datel Semarang)

Purwanggono, Bambang and Utami Handayani, Naniek and Anzriani Putri, Dini (2008) Pemetaan Posisi Produk Telkomflexi di Kota Semarang dan Implikasinya dalam Perbaikan Produk dengan Metode Competitive Intelligence. (Studi kasus di PT. Telkom Divre IV Datel Semarang). Diponegoro University. (Unpublished)

[img]Microsoft Word
29Kb

Abstract

Saat ini kebutuhan akan komunikasi semakin tinggi. Dunia menjadi semakin sempit dengan adanya kecanggihan di bidang komunikasi, tiap orang dapat berkomunikasi kapan saja dan dimana saja dengan mudah. Kebutuhan konsumen akan pelayanan dunia komunikasi beraneka ragam. Tuntutan kebutuhan konsumen yang beraneka ragam ini menimbulkan persaingan antara sesama perusahaan telekomunikasi yang telah menjamur. PT. Telkom Divre IV Datel Semarang merupakan perusahaan komunikasi yang khusus menangani masalah fixed phone dan wirelles. Persaingan yang ada khususnya di wilayah Semarang ini membuat PT. Telkom Divre IV Datel Semarang yang merupakan salah satu perusahaan besar di bidang komunikasi harus meningkatkan produktivitas dan pengendalian kualitas produknya, sebab bila tidak mengikuti perkembangan zaman perusahaan akan tertinggal dan akhirnya tutup. Oleh karena itu diperlukan sebuah penelitian yang diperuntukkan untuk mengetahui positioning produk unggulan (Flexi Trendi) terhadap hadirnya beberapa seluler pesaing di Kota Semarang. Dengan Metode Competitive Intelligence diharapkan, pihak manajemen dapat mengetahui keadaan pasar, keadaan produk perusahaan dan keinginan pelanggan seluler terhadap layanan seluler yang mereka inginkan dan butuhkan. Penelitian dilakukan berdasarkan dimensi Fiture Produk, Customer Service, Harga, Promosi dan Image Produk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dimensi yang paling mempengaruhi pelanggan dalam memilih seluler secara berurutan adalah dimensi, harga, fiture produk dan customer service. Selain itu dari hasil penelitian juga diketahui bahwa posisi terdekat Flexi Trendi adalah Starone (CDMA) dan IM3, XL Jempol (GSM). Sebagai rekomendasi pihak manajemen Flexi perlu untuk lebih meningkatkan kualitas dari ketiga dimensi ini, memperbaiki fasilitas yang telah dimiliki produk (kelemahan produk Flexi Trendi) maupun fasilitas layanan dari perusahaan kepada pelanggan serta mulai menerapkan strategi pemasaran baru untuk menarik pangsa pasar mencoba dan menjadi pelanggan dari Flexi Trendi (diversifikasi produk). Today communications requirement increasing. World become progressively narrow with sophisticatedly in communications area, everyone can communicate any time and any where easily. Consumer requirement about communication service multifarious. This multifarious consumer requirement demand generate competing between telecommunications company which have mushroom. PT. Telkom Divre IV Datel Semarang represent communications company which special handle fixed phone and wireless problems. Existing competing in this Semarang region make PT. Telkom Divre IV Datel Semarang which represent one of big company in communication field have to improving productivity and operation of its product quality, because if not keep abreast epoch company will drop behind and finally close. Therefore, needed a research which destined to know positioning of preeminent product (Flexi Trendi) to attending of some competitor celullar in Semarang town. With Competitive Intelligence method expected, management party can knowing market situation, company product condition and consumer cellular desire to cellular service which they wish and require. Research conducted according to product future, customer service, price, promotion and product image dimension. According to research result obtained that most influencing dimension of customer in choosing cellular alternately are dimension, price product future and customer service. Beside that from research result also knowed that closest position from Flexi Trendi are Starone (CDMA) and IM3, XL Jempol (GSM). As recommendation Flexi management party need to more improve quality from that third dimension, repairing facility which have been owned by product (weakness of Flexi Trendi product) and also service facility from company to customer and also start to apply new marketing strategy to extracting market compartment try and become customer from Flexi Trendi (product diversification)

Item Type:Other
Uncontrolled Keywords:Kata Kunci : Positioning, Competitive Intelligence, Marketing dan perbaikan produk. Keyword : Positioning, Perceptual Mapping, Competitive Intelligence, Marketing and repair of product
Subjects:T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
ID Code:7508
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Mar 2010 10:28
Last Modified:23 Mar 2010 10:29

Repository Staff Only: item control page