HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH NEGLECTFUL DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA SMP SEPULUH NOPEMBER II SEMARANG

Wardhani, Pramushinta Dyah and Rusmawati, Diana (2019) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH NEGLECTFUL DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA SMP SEPULUH NOPEMBER II SEMARANG. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
104Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh neglectful dengan self-regulated learning pada siswa SMP Sepuluh Nopember II Semarang. Self-regulated learning sangat terkait dengan siswa, karena hal tersebut sudah menjadi bagian dari kehidupan seorang siswa di sekolah. Seorang siswa yang diasuh dengan pola asuh neglectful, akan cenderung kesulitan dalam melakukan regulasi diri dalam belajar. Hal ini sebagai akibat dari pola pengasuhan yang tidak mendukung siswa untuk memiliki kemandirian. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 295 subjek dengan sampel penelitian sejumlah 159 subjek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan skala pola asuh neglectful (24 aitem, a= 0.887 ) dan self-regulated learning (19 aitem, a= 0.834). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh neglectful dengan self-regulated learning pada siswa. Hasil tersebut memiliki koefisien korelasi sebesar 0.312 dengan nilai signifikansi 0.000 (p>0.05). Pola asuh neglectful memberikan sumbangan efektif sebesar 0.097 atau sebesar 9,7 % terhadap self-regulated learning pada siswa. Kata kunci : pola asuh neglectful, self-regulated learning, siswa

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:74958
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Aug 2019 19:29
Last Modified:02 Aug 2019 19:29

Repository Staff Only: item control page