ATAS NAMA NEGARA, KUTARIK PELATUK M16 MALAM ITU: STUDI FENOMENOLOGIS MENGENAI PENGALAMAN PERTAMA PADA ANGGOTA BRIMOB MENJADI REGU EKSEKUTOR TEMBAK MATI

Ramadiany, Nungky and Sakti, Hastaning (2019) ATAS NAMA NEGARA, KUTARIK PELATUK M16 MALAM ITU: STUDI FENOMENOLOGIS MENGENAI PENGALAMAN PERTAMA PADA ANGGOTA BRIMOB MENJADI REGU EKSEKUTOR TEMBAK MATI. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
292Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengalaman pertama anggota Brimob menjadi regu eksekutor tembak mati di Nusakambangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode fenomenologis dan teknik analisis yang digunakan adalah Deskripsi Fenomenologi Individual (DFI). Subjek yang dilibatkan dalam penelitian berjumlah tiga anggota Brimob yang pernah menjadi regu eksekutor satu kali yang dipilih menggunakan metode purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara semi-terstruktur. Temuan dari penelitian ini adalah dua subjek mengalami pertentangan dalam dirinya ketika diperintah untuk menjadi regu eksekutor, yaitu subjek siap menjalankan perintah, namun memikirkan dosa/tidaknya membunuh manusia yang tidak memiliki perlawanan sehingga adanya keraguan untuk melaksanakan eksekusi mati. Bimbingan spiritual dari seorang kyai yang turut berasal dari Brimob mampu mengatasi keraguan yang dialami serta menjadi penguat supaya yakin untuk melaksanakan tugasnya pada malam itu. Ketiga subjek mengalami kecemasan sebelum menembak berupa khawatir akan melakukan kesalahan, oleh karena itu subjek meregulasi emosinya. Memasuki lapangan tembak, subjek berfokus pada pelaksanaan sehingga memunculkan rasa tega pada subjek untuk menembak terpidana. Dampak dari pelaksanaan eksekusi mati membuat kedua subjek mengalami flashback dan terbayang-bayang dengan pelaksanaan eksekusi mati kemudian mengatasinya dengan membiarkan ingatan tersebut mengalir sehingga mampu lupa dengan sendirinya seiring berjalannya waktu serta padatnya kegiatan di Brimob.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:74877
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:20 Aug 2019 14:22
Last Modified:20 Aug 2019 14:22

Repository Staff Only: item control page