Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kematangan Karier pada anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo dan Kelas II Yogyakarta

Imanto, Hendra and Kustanti, Erin Ratna (2019) Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kematangan Karier pada anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo dan Kelas II Yogyakarta. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
232Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Kematangan Karier pada Anak Binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo dan Kelas II Yogyakarta. Kematangan karier yaitu kesiapan individu dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangan karier sesuai dengan usia dan tahapan perkembangannya ditandai dengan adanya kemampuan untuk merencanakan karier, eksplorasi karier, pengetahuan individu tentang pengambilan keputusan karier dan informasi tentang dunia kerja serta kelompok pekerjaan yang disukai. Dukungan sosial orangtua yaitu bantuan yang dirasakan individu bersumber dari orangtuanya mengenai kesiapan individu dalam menghadapi karier yang akan dijalani serta memberikan kenyamanan dalam bentuk material dan psikologis sehingga individu merasa dicintai, dihargai dan diperhatikan. Subjek dari penelitian ini adalah remaja yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo dan Kelas II Yogyakarta dengan jumlah 83 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 53 dan teknik sampling menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua alat ukur yaitu Skala Dukungan Sosial Orangtua dengan (32 aitem valid,α =0.933) dan Skala Kematangan Karier (30 aitem valid, α = 0.916). Analisis Statistik menggunakan Spearman Rank dengan hasil uji hipotesis menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0.668 dengan nilai p = 0.000 (p<0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kematangan karier. Kata Kunci: Dukungan Sosial Orangtua, Kematangan Karier, Anak Binaan LPKA.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:74707
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Aug 2019 10:05
Last Modified:23 Aug 2019 10:05

Repository Staff Only: item control page