Modifikasi Pukat Hela (Mini Trawl) Dengan BRD (By Catch Reduction Device) Untuk Peningkatan Efektivitas Penangkapan Ikan Demersal

Dian Purnama Fitri , Aristi (2013) Modifikasi Pukat Hela (Mini Trawl) Dengan BRD (By Catch Reduction Device) Untuk Peningkatan Efektivitas Penangkapan Ikan Demersal. In: Seminar Nasional Tahunan X (Hasil Penelitian Perikanan). Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian. UGM, 31 Agustus 2013, Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian, UGM, Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Turnitin-C30)
2285Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/66081/1/Seminar_Nasiona...

Abstract

Pukat hela (mini trawl) merupakan alat penangkapan ikan demersal yang cara kerjanya ditarik secara terus-menerus dengan perahu. Metode operasi penangkapan yang demikian termasuk alat tangkap pukat harimau yang dilarang oleh pemerintah (Keppres No. 39 Tahun 1980). Modifikasi pukat mini dengan BRD (By catch Reduction Device) dengan menambahkan flapper, selektor dan square mesh codend bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penangkapan dan kelestarian sumberdaya ikan demersal. Penelitian dilakukan pada bulan April 2013 di perairan Pemalang, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimental fishing. Perlakuan yang diujicobakan adalah operasi penangkapan menggunakan pukat hela dengan modifikasi BRD (flapper, selektor dan square mesh codend) dan pukat hela tanpa modifikasi BRD (genuine) sebagai pembanding (kontrol). Total hasil tangkapan pukat hela meliputi ikan demersal, crustacea, cephalopoda, dan lain-lain pada pukat hela genuine sebanyak 29300 gr dan pukat hela dengan BRD sebanyak 30145 gr. Berdasarkan analisis statistik (sign. = 0,04) dan nilai efektivitas penangkapan (16,85%) pada pukat hela dengan BRD dibandingkan genuine (13,64%) mengindikasikan bahwa pukat hela dengan BRD yang efektif untuk penangkapan ikan demersal di perairan Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:74648
Deposited By:Mr Instrumentasi MIPA
Deposited On:23 Jul 2019 14:24
Last Modified:17 Aug 2019 13:12

Repository Staff Only: item control page