Analisis Hasil Tangkapan Kepiting Bakau (Scylla serrate) dengan Perbedaan Sudut Kemiringan Sayap Fyke Net di Perairan Rembang, Jawa Tengah

Dian Purnama Fitri , Aristi (2016) Analisis Hasil Tangkapan Kepiting Bakau (Scylla serrate) dengan Perbedaan Sudut Kemiringan Sayap Fyke Net di Perairan Rembang, Jawa Tengah. In: Seminar Nasional Tahunan Ke-5 Hasil Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan , Juni 2015, Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian, UGM, Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
1906Kb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/66081/1/Seminar_Nasiona...

Abstract

Fyke Net (Hari Ami) adalah alat tangkap bubu bersayap yang dioperasikan terentang di perairan berdasarkan pengaruh arus air dan pasang surut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hasil tangkapan kepiting (Scylla serrata) pada konstruksi fyke net dengan perbedaan sudut kemiringan sayap 45 derajat dan sudut kemiringan sayap 75 derajat. Metode penelitian adalah metode eksperimental fishing, yang dilakukan pada bulan April-September 2015 di perairan Rembang (Jawa Tengah). Hasil tangkapan kepiting pada Fyke net sudut kemiringan 75 derajat lebih banyak jumlahnya 110 ekor dibandingkan dengan Fyke net dengan sudut kemiringan 45 derajat sejumlah 100 ekor. Uji T test menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil tangkapan kepiting antara fyke net dengan sudut kemiringan sayap 45 derajat dan 75 derajat (sign. 0,47). Hal tersebut mengindikasikan bahwa pengaruh tertangkapannya kepiting disebabkan karena arus dan pasang surut diperairan bukan disebabkan adanya perbedaan sudut kemiringan sayap fyke net.

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:74634
Deposited By:Mr Instrumentasi MIPA
Deposited On:23 Jul 2019 13:50
Last Modified:23 Jul 2019 13:55

Repository Staff Only: item control page