Analisis Teknis Kapal Katamaran di Kabupaten Malang, Jawa Timur

Dian Purnama Fitri , Aristi (2016) Analisis Teknis Kapal Katamaran di Kabupaten Malang, Jawa Timur. In: Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan V Tahun 2016 , 4 Mei 2016, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Brawijaya, Malang.

[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Turnitin-C26)
5Mb

Official URL: http://eprints.undip.ac.id/65914/2/TPI-1._Novita_R...

Abstract

Bentuk umum kapal konvensional adalah jenis monohull yaitu kapal dengan satu lambung. Kapal ikan tradisional yang ada, dalam pembuatannya kurang mengadopsi beberapa aspek keselamatan laut, yang dapat dilihat pada stabilitas kapal yang dihasilkan. Kecenderungan sudut olengan kapal berkisar 300 sangat besar sekali dan periode oleng yang dihasilkan antara 4,5 sampai 6 detik. Dengan keadaan stabilitas yang demikian dapat dikatakan bahwa kapal tersebut sangat riskan jika berlayar. Sehingga diperlukan suatu alih teknologi atau pengembangan teknologi melalui pengembangan badan kapal yang dapat memperkecil tahanan kapal dan memperbaiki olah gerak kapal. Seiring dengan kemajuan teknologi, jenis kapal yang berkembang pesat pada beberapa dekade terakhir adalah kapal dengan lambung lebih dari satu atau dikenal dengan istilah multihull. Kapal dengan dua lambung atau lambung ganda disebut catamaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa aspek teknis kapal katamaran. Metode penelitian ini bersifat deskriptif, materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kapal katamaran, dengan aspek pengamatan meliputi aspek teknis (ukuran kapal dan lambung). Secara teknis kapal katamaran memiliki ruang geladak yang luas berdasarkan perhitungan rasio L/B kapal Katamaran sebesar 3,24. Luas geladak memberikan ruang dan kapasitas untuk penataan ruang fish holds dan ruang awak kapal. Rasio S/L adalah 0.22 lambung katamaran dengan jarak melintang antara lambung S/L=0.2 umumnya memiliki gerakan heave dan pitch yang lebih kecil. Kecepatan maksimum yang dapat dicapai kapal katamaran adalah 11 knot mendapatkan tahanan sebesar 3,59 kN sampai 3,72 kN dan daya mesin yang dibutuhkan antara 44,92 sampai 48,14 HP. Perhitungan stabilitas kapal katamaran area 0-30 dengan nilai 17,1092. Sudut GZ Maksimal dengan nilai 25,5 dan area antara GZ dan HTL dengan nilai 6,4218. Kata kunci: Kapal Katamaran, Stabilitas

Item Type:Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:74624
Deposited By:Mr Instrumentasi MIPA
Deposited On:23 Jul 2019 13:07
Last Modified:06 Nov 2019 18:56

Repository Staff Only: item control page