LELANG EKSEKUSI ATAS OBYEK JAMINAN HAK TANGGUNGAN KARENA KREDIT MACET PADA BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG PATTIMURA SEMARANG

PANGESTU, SALIMOV ROBI and Moch. Djais, Moch. Djais and Marjo, Marjo (2017) LELANG EKSEKUSI ATAS OBYEK JAMINAN HAK TANGGUNGAN KARENA KREDIT MACET PADA BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG PATTIMURA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam hal kredit macet dengan jaminan Hak Tanggungan dan debitor wanprestasi, bank-bank selaku kreditor pemegang Hak Tanggungan pertama terutama bank milik negara seperti Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pattimura Semarang menggunakan penyelesaian kredit dengan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang sebagai upaya terakhir. Dalam praktek, lelang eksekusi dilakukan berdasarkan Pasal 6 UUHT, namun menurut Pasal 26 UUHT eksekusi tersebut belum dapat dilaksanakan karena belum terdapat peraturan pelaksanaannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pattimura Semarang apabila terjadi kredit macet dengan jaminan Hak Tanggungan, pelaksanaan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan karena kredit macet dan hambatan yang timbul dalam pelaksanaan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan serta upaya untuk mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan pendekatan yuridis empiris. Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif-analitis dengan metode pengumpulan data studi pustaka dan wawancara dengan pihak-pihak terkait yaitu Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pattimura Semarang, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Semarang dan beberapa Advokat yang tergabung dalam PERADI. Berdasarkan analisis kualitatif diketahui bahwa upaya yang dilakukan bank dalam mengatasi kredit macet dengan melakukan Restrukturisasi Kredit, apabila tidak berhasil maka akan dilakukan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan. Pelaksanaan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan didasarkan pada Pasal 6 UUHT dan dilakukan dengan berpedoman pada PMK No.27 Tahun 2016 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. Hambatan yang timbul dalam pelaksanaan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan yaitu adanya gugatan dari debitor terhadap pelaksanaan lelang dengan alasan lelang tidak sah karena seharusnya belum dapat dilaksanakan tanpa peraturan pelaksanannya, upaya untuk mengatasinya kreditor harus menanggapi gugatan tersebut sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Disarankan kepada pemerintah atau pembuat peraturan perundang-undangan untuk segera membuat peraturan pelaksanaan yang dimaksud supaya tidak timbul permasalahan dalam pelaksanaan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dikemudian hari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74563
Deposited By:Mr Ngalip Martono FH
Deposited On:22 Jul 2019 10:56
Last Modified:22 Jul 2019 10:56

Repository Staff Only: item control page