TUGAS DAN WEWENANG PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG PEMBANGUNAN DAN PARIWISATA DI DESA CANDI KABUPATEN SEMARANG

RIHAL S. I., ANGGA and Diamantina, Amalia and Tyesta A.L.W, Lita (2017) TUGAS DAN WEWENANG PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG PEMBANGUNAN DAN PARIWISATA DI DESA CANDI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberdayaan masyarakat desa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui beberapa kegiatan antara lain peningkatan prakarsa dan swadaya masyarakat, perbaikan lingkungan dan perumahan, pengembangan usaha ekonomi desa, serta kegiatan – kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam meningkatkan pendapatan. Pemerintah Desa wajib untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di wilayahnya. Demi meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat desa, Pemerintah Desa harus melaksanakan penetapan kebijakan, program, dan kegiatan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat Desa. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penulisan hukum ini adalah tugas dan wewenang Pemerintah Desa Candi dalam pemberdayaan masyarakat di bidang pembangunan dan pariwisata, kendala Pemerintah Desa Candi dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat dan solusi – solusi yang harus dilakukan Pemerintah Desa Candi. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian Yuridis Empiris, dengan mendasar pada data primer dan sekunder. Data primer berasal dari hasil observasi dan wawancara sedangkan data sekunder merupakan hasil studi kepustakaan. Metode Analisis yang dipakai adalah Analisis Kualitatif, dan penyajian data dalam bentuk laporan tertulis secara ilmiah. Hasil penelitian yang didapat, menunjukan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Desa Candi telah berjalan sesuai dengan yang tertulis di dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Yaitu dengan meningkatkan kualitas masyarakat Desa melalui pendidikan, pelatihan dan penyuluhan. Tetapi dalam pelaksanaan beberapa programnya masih terdapat kendala yang berasal dari masyarakatnya sendiri. Kualitas Sumber Daya Manusia yang masih terhitung rendah, partisipasi masyarakat yang kurang, tingkat kepercayaan pada program yang masih rendah, dan pasifnya masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Ini dikarenakan masyarakat masih sulit untuk dibina dan memahami guna dan fungsi dari pemberdayaan masyarakat. Pemerintah Desa Candi memberikan solusi – solusi untuk menanggapi kendala – kendala yang ada di masyarakat tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74539
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Jul 2019 09:55
Last Modified:22 Jul 2019 09:55

Repository Staff Only: item control page