MENGKONSTRUKSI KERJASAMA PENEGAKAN HUKUM UNTUK MENJAGA KEAMANANLAUT LEPAS DI SAMUDERA HINDIA DALAM KERANGKA INDIAN OCEAN RIM ASSOCIATION (IORA)

KARUNIAWAN, NIKO and Susetyorini, Peni and Setyawanta R, L.Tri (2019) MENGKONSTRUKSI KERJASAMA PENEGAKAN HUKUM UNTUK MENJAGA KEAMANANLAUT LEPAS DI SAMUDERA HINDIA DALAM KERANGKA INDIAN OCEAN RIM ASSOCIATION (IORA). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Samudera Hindia merupakan perairan yang didominasi oleh laut lepas dan memiliki peranan yang sangat strategis bagi negara di sekitar kawasan maupun bagi perekonomian dunia.Namun, dibalik perananannya yang strategis tersebut tak lepas dari adanya ancaman keamanan baik bersifat Traditional Security Issue maupun Non-Traditional Security Issue yang didominasi oleh kejahatan transnasional. Maka dari itu, sebagai satu-satunya pelopor organisasi kerjasama regional di kawasan Samudera Hindia yang memiliki komitmen dalam menangani masalah keamanan, Indian Ocean Rim Association (IORA) telah melakukan berbagai kerjasama sebagai upaya untuk menanggulangi permasalahan keamanan yang ada di Samudera Hindia. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif, yaitu penelitian yang mendasarkan pada penerapan prinsip-prinsip dan asas-asas hukum terhadap norma-norma atau peraturan-peraturan hukum positif.Penelitian ini meneliti bahan pustaka atau data sekunder seperti undang-undang, buku, jurnal, maupun hasil karya dari kalangan hukum. Hasil penelitian menunjukan bahwa hingga saat ini Implementasi kerjasama keamanan dalam kerangka IORA masih menemui banyak kendala dikarenakan mayoritas negara anggota IORA merupakan litorral state sehingga memiliki keterbatasan untuk melakukan penegakan hukum di laut lepas. Disisi lain instrumen yang digunakan dalam kerjasama keamanan IORA merupakan soft law, sehingga pelaksanaannya hanya mengikat secara moral bagi negara anggotanya. Maka dari itu,diperlukan upaya yang komprehensif untuk mengatasi kendala tersebut, yaitu adalah dengan mengimplementasikan mutual legal assistance secara multilateral yang didukung dengan coordinated patrol di wilayah Laut Lepas yang rawan terjadi kejahatan maritim. Selain itu untuk mendukung kerja sama keamanan tersebut, negara anggota IORA perlu untuk mengintensifkan sustainable maritime diplomacy dibidang keamanan, sehingga peranan dari IORA dapat dirasakan oleh seluruh negara anggota maupun pihak-pihak yang memiliki kepentingan di Samudera Hindia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74483
Deposited By:Mr Ngalip Martono FH
Deposited On:19 Jul 2019 10:43
Last Modified:19 Jul 2019 10:43

Repository Staff Only: item control page