PENGGUNAAN RANJAU LAUT OLEH ALBANIA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL (STUDI KASUS CORFU CHANNEL INCIDENT 1946)

Soekarno, Bangkit Bangun and HARDIWINOTO, SOEKOTJO and Setyawanta R, L.Tri (2019) PENGGUNAAN RANJAU LAUT OLEH ALBANIA DITINJAU DALAM PERSPEKTIF HUKUM INTERNASIONAL (STUDI KASUS CORFU CHANNEL INCIDENT 1946). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Corfu Channel Incident merupakan insiden maritim yang terjadi pada 22 Oktober 1946 yang menimpa kapal perang milik Kerajaan Inggris dimana kapal perang Kerajaan Inggris yang berlayar dalam masa damai melewati Corfu Channel tiba-tiba menabrak ranjau laut yang disebar oleh Albania pada Corfu Channel yang merupakan jalur pelayaran Internasional. Penelitian ini membahas tentang pengaturan tentang penggunaan Ranjau Laut oleh Albania dan kelalaian yang dilakukan oleh Albania dalam memberitahu adanya bahaya yang ada di perairannya kepada kapal perang Inggris yang melewati Corfu Channel,insiden ini ditinjau dalam perspektif Hague Convention VIII 1907: Convention Relative to The Laying of Automatic Submarine Contact Minesdan implikasi insiden ini ditinjau dalam aturan hukum laut saat ini serta membahas bagaimana tanggung jawab Albania pada Inggris. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif denganspesifikasi penelitian berupa penelitian deskriptif analitis. Data penelitian bersumber dari data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelalaian yang dilakukan Albania merupakan sebuah pelanggaran ketentuan Hague Convention VIII 1907: Convention Relative to The Laying of Automatic Submarine Contact Minespada Article 3 dan 4, maka mengacu pada putusan ICJ Judgment of 9th April 1947 menyatakan bahwa Albania diharuskan membayar kompensasi reparasi dua kapal perang milik Inggris yaitu HMS Saumerez dan HMS Volage sebesar £843.947.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74467
Deposited By:Mr Ngalip Martono FH
Deposited On:19 Jul 2019 10:13
Last Modified:19 Jul 2019 10:13

Repository Staff Only: item control page