ANALISA YURIDIS INVESTASI MELALUI EQUITY BASED CROWDFUNDING

BUDIWIYONO, EDBERT NUGRAHA AJI and PRANANINGTYAS, PARAMITA and Budiharto, Budiharto (2019) ANALISA YURIDIS INVESTASI MELALUI EQUITY BASED CROWDFUNDING. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu jenis Crowdfunding yang mulai diminati masyarakat Indonesia adalah Equity based Crowdfunding. Melalui platform pembiayaan ini diharapkan perusahaan yang baru berdiri khususnya start-up company dapat mendapatkan suntikan modal dari masyarakat tanpa harus melalui mekanisme pendanaan di pasar modal yang cukup rumit. Regulasi Equity based Crowdfunding di berbagai negara seperti United Kingdom dan Amerika Serikat telah ditetapkan sejak lama sedangkan Regulasi untuk Equity based Crowdfunding di Indonesia baru dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dan diberlakukan efektif pada akhir Desember 2018. Permasalahan yang akan dibahas melalui penelitian ini adalah mengenai mekanisme investasi melalui Equity based Crowdfunding dan perlindungan hukum bagi para pihak. Metode penelitian hukum yang digunakan adalah yuridis normatif yang mengacu kepada norma hukum dalam peraturan perundang-undangan. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang kemudian dianalisa untuk menarik kesimpulan. Hasil penilitian dapat ditunjukkan bahwa Equity based Crowdfunding tunduk pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan
Republik Indonesia
Nomor 37 /POJK.04/2018 tentang Layanan Urun Dana melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi serta hukum perseroan terbatas. Mekanisme investasi melalui kegiatan ini terbagi menjadi proses pendirian dan proses pembiayaan itu sendiri. Proses investasi, hak dan kewajiban wajib diikuti oleh semua pihak dalam Equity based Crowdfunding yakni Penyelenggara Layanan Urun Dana serta Pengguna Layanan Urun Dana baik Penerbit maupun Pemodal. Perlindungan hukum terhadap para pihak tersebut juga telah dijamin melalui regulasi ini dan apabila terjadi pelanggaran akan dijatuhi sanksi administrasi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74394
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jul 2019 10:49
Last Modified:18 Jul 2019 10:49

Repository Staff Only: item control page