EDELIA, ANASTASYA RIRIS and Njatrijani, Rinitami and Lestari, Sartika Nanda (2019) TANGGUNG JAWAB PT GRAB INDONESIA TERHADAP KERUGIAN DALAM PROSES PENGANGKUTAN BARANG MELALUI LAYANAN GRAB EXPRESS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Full text not available from this repository.
Abstract
Kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat menuntut transportasi yang lebih efisien, salah satunya adalah dengan munculnya pengangkutan berbasis online yaitu Grab.Aplikasi Grab menawarkan beberapa layanan, salah satunya layanan Grab Express yang merupakan layananantar barang dari suatu tempat ke tempat lainnya sesuai dengan pesanandari konsumen/pengguna layanan Grab. Layanan ini sangat membantu konsumen dalam pengiriman barang, tetapi kenyataannya tidaklah selalu memuaskan bagi beberapa konsumen seperti kasus terjadinya kerusakan, cacat, bentuk barang sudah tidak sesuai dengan bentuk semula, serta bentuk kerugian lainnya dan atas kerugian-kerugian tersebut, Grab tidak memberikan ganti kerugian sebagai bentuk tanggung jawab atas kerugian yang timbul dalam proses pengangkutan barang melalui layanan Grab Express tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis bagaimana tanggung jawab PT Grab Indonesia bila terjadi kerusakan terhadap barang melalui layanan Grab Express, serta untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen atas kerugian yang timbul dalam proses pengangkutan barang melalui layanan Grab Express. Guna menjawab permasalahan tersebut, digunakan pendekatan yuridis empiris. Data diperoleh dari data primer, dianalisis dengan analisis data kualitatif terhadap data yang telah dikumpulkan, dan disajikan secara deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab PT Grab Indonesiaterhadap kerusakan atau kerugian terhadap barang yang diangkut melalui layanan Grab Expressterbatas pada memfasilitasi antara driver dan konsumen, driverlahyang bertanggung jawab memberi ganti kerugian kepada konsumen. PT Grab Indonesia memberikan perlindungan hukum yaitu menjamin keselamatan dan keamanan dengan memberikan asuransi terhadap seluruh pengiriman barang melalui Grab Express. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa kebijakan PT Grab yang terjadi di lapangan sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan PT Grab Indonesia memberikan sebuah perlindungan hukum kepada pengirim barang (konsumen) yaitu berupa asuransi hingga Rp 10.000.000,00 bagi seluruh pengiriman paket melalui Grab Express. Saran dari penelitian ini yaitudiharapkan PT Grab Indonesia membantu untuk memberikanganti kerugian yang disebabkan oleh kelalaian driverdan diharapkan PT Grab Indonesia untuk benar-benar menjalankan kebijakan tersebut di lapangan agar konsumen merasa aman dan nyaman dalam menggunakan layanan Grab Express.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law |
ID Code: | 74391 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 18 Jul 2019 10:47 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 10:47 |
Repository Staff Only: item control page