UPAYA PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KABUPATEN KLATEN DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI PENDIDIKAN POLITIK KEPADA MAYARAKAT MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG PARTAI POLITIK

URFAN, WILDANNUR and Diamantina, Amalia and Hananto, Untung Dwi (2019) UPAYA PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN KABUPATEN KLATEN DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI PENDIDIKAN POLITIK KEPADA MAYARAKAT MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2011 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2008 TENTANG PARTAI POLITIK. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagai suatu organisasi, partai politik secara ideal dimaksudkan untuk mengaktifkan dan memobilisasi rakyat, mewakili kepentingan tertentu, memberikan jalan kompromi bagi pendapat yang saling bersaing, serta menyediakan secara maksimal kepemimpinan politik secara sah dan damai. Proses penggabungan kepentingan menjadi salah satu fungsi partai politik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Partai Politik. Proses ini merupakan bagian dari fungsi partai politik sebagai sarana pendidikan politik. Partai politik menghimpun aspirasi dan kehendak masyarakat untuk selanjutnya dirumuskan menjadi usul kebijakan. Usul kebijakan ini lalu dimasukkan ke dalam programpartai untuk diperjuangkan atau disampaikan melalui parlemen kepada pemerintah agar dijadikan sebagai suatu kebijakan umum. Oleh demikian, maka menarik untuk dibahas mengenai bagaimana PDI Perjuangan melaksanakan fungsi pendidikan politik kepada masyarakat dan apa saja faktor yang menjadi penghambat bagi pelaksanaannya. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penelusuran terhadap peraturan-peraturan dan literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Partai politik sebagai penyangga pilar demokrasi sangatlah penting untuk menjamin keberlangsungan pendidikan politik di masyarakat dari pusat hingga daerah-daerah baik pada tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota. PDI Perjuangan sebagai salah satu partai politik di Indonesia memiliki arti sebagai wadah komunikasi politik, mengembangkan dan memperkuat partisipasi politik masyarakat. Pendidikan politik PDI Perjuangan khususnya yang berada Kabupaten Klaten memiliki sifat agregasi, aspirasi, dan kepentingan guna memenuhi upaya-upaya membentuk standar kualifikasi Partai. Sasaran pendidikan politik adalah masyarakat baik kepada sayap-sayap organisasi partai, kader partai dan masyarakat umum. Bentuk dari pendidikan politik yang telah dilaksanakan PDI Perjuangan Kabupaten Klaten meliputi sarasehan, workshop, diskusi interaktif, dan sosialisasi. Kata kunci: Partai Politik, PDI Perjuangan, dan Pendidikan Politik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74379
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jul 2019 10:23
Last Modified:18 Jul 2019 10:23

Repository Staff Only: item control page