TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT DALAM HAL PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGANGKUTAN BARANG MELALUI GO-SEND YANG DIGUNAKAN UNTUK JUAL BELI BARANG SECARA ONLINE

MAWARI, DEVINTA OKSA and DEVINTA OKSA, DEVINTA OKSA and Saptono, Hendro (2019) TANGGUNG JAWAB PENGANGKUT DALAM HAL PELAKSANAAN PERJANJIAN PENGANGKUTAN BARANG MELALUI GO-SEND YANG DIGUNAKAN UNTUK JUAL BELI BARANG SECARA ONLINE. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era teknologi yang berkembang pesat ini, berbagai inovasi di sektor bisnis yang menggunakan media teknologi bernama internet semakin bermunculan. Begitu pula pada sektor transportasi yang menjadi bisnis bagi sebagian pihak. Go-Jek adalah salah satu perusahaan teknologi penghasil aplikasi berbasis internet yang mengakomodir para ojek konvensional menjadi ojek daring. Kurang mengertinya para pengguna aplikasi dalam hal mekanisme serta syarat dan ketentuan layanan-layanan Go-Jek menjadi kendala bagi seluruh pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hukum antara Go-Jek dengan pengemudi dan pengemudi Go-Jek dengan pembeli barang online serta tanggung jawab Go-Jek sebagai pengangkut saat menjadi pihak ketiga dalam transaksi jual beli online dalam salah satu layanannya yaitu Go-Send. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, data SKB Go-Jek, dan studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian iniialah hubungan hukum para pihak meliputi hubungan pembelian jasa aplikasi antara Go-Jek dengan pengemudi dan hubungan pembelian jasa transportasiantara pengemudi Go-Jek dengan pembeli barang online. Tanggung jawab pengangkut dalam hal ini diwakili oleh pengemudi Go-Send saat menjadi pihak ketiga dalam transaksi jual beli online yakni mengantarkan barang dengan selamat, aman, dan tepat waktu sampai di tempat tujuan. Pengemudi Go-Send sebagaimana mengikuti syarat dan ketentuan Go-Send tidak bertanggung jawab atas pembayaran barang yang belum dilakukan pembeli, demi atau untuk pelunasan barang agar dapat dikirim ke alamat penerima. Penulis berharap agar pengguna layanan mengikuti syarat ketentuan yang telah ditetapkan penyedia layanan tanpa memandang keuntungan pribadi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74359
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:18 Jul 2019 09:55
Last Modified:18 Jul 2019 09:55

Repository Staff Only: item control page