PERANAN PEMERINTAH DAERAH DALAM UPAYA PERLINDUNGAN PRA PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI LUAR NEGERI (STUDI DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA KABUPATEN PURWOREJO)

NOFITA, DWI and SONHAJI, SONHAJI and Suhartoyo, Suhartoyo (2019) PERANAN PEMERINTAH DAERAH DALAM UPAYA PERLINDUNGAN PRA PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI LUAR NEGERI (STUDI DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA KABUPATEN PURWOREJO). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja mempunyai peran yang sangat penting terkait dengan perlindungan pekerja migran Indonesia, khususnya dalam pra penempatan. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pekerja migran Indonesia karena menyangkut keberlangsungan kerjanya selama di luar negeri. Selain itu, peran Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja pada pra penempatan sangat penting karena dapat mengarahkan pekerja migran Indonesia untuk bekerja sesuai dengan prosedur atau bisa dikatakan bekerja dengan melalui proses yang formal. Terkait peran pada pra penempatan dibuktikan dengan adanya permasalahan yang dialami oleh beberapa pekerja migran Indonesia, seperti beberapa pekerja migran Indonesia mengalami penahanan di luar negeri. Maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo dalam upaya perlindungan pra penempatan pekerja migran Indonesia di luar negeri, bagaimana hambatan yang dialami Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo dalam upaya perlindungan pra penempatan pekerja migran Indonesia di luar negeri, dan bagaimana upaya Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo dalam mengatasi hambatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Metode penentuan sampel adalah dengan purposive sampling. Adapun jenis dan sumber datanya dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu data primer dan data pekunder, yang mana data primer diperoleh langsung dari lapangan sedangkan data sekunder diperoleh dari penelitian kepustakaan yang berasal dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode pengumpulan data dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan. Analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif. Metode penyajian data dilakukan dengan proses editing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo dalam upaya perlindungan pra penempatan pekerja Indonesia di luar negeri adalah sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo dalam melaksanakan perannya mengalami beberapa hambatan yang mana hambatan tersebut berasal dari pekerja migran Indonesia yang bersangkutan. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo melakukan upaya-upaya dalam mengatasi hambatan yang timbul pada saat melaksanakan perannya sehingga pelaksanaan perannya dapat berjalan dengan lancar. Supaya pelaksanaan peran tersebut berjalan dengan baik, maka saran dari penulis adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo berupaya meningkatkan koordinasi dengan aparat penegak hukum dan masyarakat agar memperkuat perlindungan pra penempatan pekerja migran Indonesia di luar negeri. Kata Kunci: Peranan Pemerintah Daerah, Perlindungan Pra Penempatan Pekerja Migran Indonesia di Luar Negeri

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74341
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:18 Jul 2019 09:17
Last Modified:18 Jul 2019 09:17

Repository Staff Only: item control page