PELAKSANAAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM RANGKA PERCEPATAN PERIZINAN BERUSAHA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) JAWA TENGAH

ASSEGAF, MUHAMMAD IQBAL FITRA and Juliani, Henny and Saadah, Nabitatus (2019) PELAKSANAAN ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM RANGKA PERCEPATAN PERIZINAN BERUSAHA DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberian pelayanan perizinan yang cepat kepada pelaku usaha atau masyarakat (Public Services) dan kesejahteraan umum merupakan kewajiban utama bagi negara. Kewajiban pemerintah salah satunya ikut berperan dalam proses pemberian pelayanan. Pemberian pelayanan pemerintah kepada masyarakat yaitu bertindak sebagai katalisator yang mempercepat proses sesuai dengan apa yang seharusnya. Pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat sangat ditentukan sistem pelayanan. Pemerintah mengeluncurkan sistem Online Single Submission (OSS) sebagai solusi permasalahan dibidang pelayanan perizinan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah metode yuridis empiris dengan spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif analitis dan pengambilan data menggunakan metode wawancara dan studi kepustakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perizinan menjadi legalitas utama bagi pelaku usaha untuk menjalankan usahanya dan perizinan memiliki sifat controlling bagi pemerintah. Perizinan merupakan upaya mengatur kegiatan-kegiatan yang memiliki peluang menimbulkan gangguan pada kepentingan umum. Mekanisme perizinan harus melalui penerapan prosedur ketat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk menyelenggarakan suatu pemanfaatan lahan. Ketatnya penerapan prosedur perizinan tidak berarti harus berbelit-belit, akan tetapi sesuai dengan fungsinya yaitu untuk pengaturan. Pelayanan perizinan yang diberikan pemerintah melalui sistem baru yaitu Online Single Submission (OSS) menjadi solusi atas kendala yang umum dihadapi bagi pelaku usaha dalam mengurus perizinan berusahanya. Pendaftaran perizinan berusaha yang dilakukan oleh pelaku usaha menghasilkan Nomor Induk Berusaha (NIB).NIB berfungsi untuk mendapatkan izin usaha dan izin komersional/operasional. Pada penerbitan izin usaha dan izin komersial/operasional pelaku usaha wajib melakukan pemenuhan komitmennya agar izinnya berlaku efektif. Hambatan yang terjadi pada pelaksaan sistem Online Single Submission (OSS) seperti sulitnya akses masuk website pada saat pasca launching, kurang pahamnya pelaku usaha terhadap informasi baru mampu dicarikan solusi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah. Upaya-upaya yang dilakukan DPMPTSP Jawa Tengah berupa pendampingan kepada pelaku usaha untuk mendapatkan izin dimulai dari pendaftaran hingga berlakunya izin.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74280
Deposited By:Mr Ngalip Martono FH
Deposited On:17 Jul 2019 10:21
Last Modified:17 Jul 2019 10:21

Repository Staff Only: item control page