TINJAUAN YURIDIS WANPRESTASI DALAM PENYELESAIAN SENGKETA MEDIK (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 2863k/Pdt/2011)

PRABANDARI, DWI RESTI and Priyono, Ery Agus and Busro, Achmad (2019) TINJAUAN YURIDIS WANPRESTASI DALAM PENYELESAIAN SENGKETA MEDIK (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 2863k/Pdt/2011). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui aspek wanprestasi mengenai sengketa medik, serta mengetahui bentuk perlindungan hukum bagi pihak-pihak yakni pemberi dan penerima pelayanan kesehatan saat terjadi sengketa medik, dalam putusan Mahkamah Agung. Metode penelitiannya adalah penelitian hukum normatif, yang menggunakan pendekatan yuridis normatif didasarkan pada data sekunder, yang diperoleh melalui studi kepustakaan dan di analisis secara normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan perjanjian di bidang kesehatan antara rumah sakit dengan pasien. Hakim menjatuhkan putusan wanprestasi kepada rumah sakit karena tidak memenuhi kewajiban hukumnya untuk memberikan isi rekam medis kepada pasien, sehingga pasien menderita kerugian immaterial. Putusan wanprestasi juga dijatuhkan kepada pasien karena pasien belum melunasi biaya perawatan selama di rumah sakit. Perlindungan hukum oleh Hakim Mahkamah Agung kepada para pihak dalam bentuk memaksakan ketaatan para pihak untuk memenuhi kewajibannya, serta menjatuhkan putusan ganti rugi kepada rumah sakit karena atas tindakanya menyebabkan kerugian immateril bagi pasien.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74273
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jul 2019 10:11
Last Modified:17 Jul 2019 10:11

Repository Staff Only: item control page