PERSONA NON GRATA TERHADAP PERWAKILAN NEGARA YANG BEKERJA DI PBB (STUDI KASUS PENGUSIRAN PERWAKILAN NEGARA RUSIA YANG BEKERJADI PBB OLEH AMERIKA SERIKAT TAHUN 2018)

PRAMUDITA, ANDREAS DIKA RAMA and roisah, kholis and Susetyorini, Peni (2019) PERSONA NON GRATA TERHADAP PERWAKILAN NEGARA YANG BEKERJA DI PBB (STUDI KASUS PENGUSIRAN PERWAKILAN NEGARA RUSIA YANG BEKERJADI PBB OLEH AMERIKA SERIKAT TAHUN 2018). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perwakilan negara bertugas mewakili sebuah negara untuk melakukan hubungan diplomatik dengan subyek hukum internasionalmemiliki hak kekebalan dan keistimewaan serta kewajiban yang melekat pada dirinya. Dalam hubungan diplomatik dikenal adanya Persona Non Grata terhadap perwakilan negara dan dapat dikenakan apabila memiliki alasan yaitu salah satunya melanggar hukum nasional tempat mereka bertugas. Tujuan penulisan hukum ini untuk mengetahui hak kekebalan dan keistimewaan perwakilan negara dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa serta analisa kapasitas negara penerima untuk melakukan tindakan Persona Non Grata terhadap perwakilan negara di Perserikatan Bangsa-Bangsa.Metode yuridis normatif digunakan dalam penulisan hukum ini. Data yang digunakan berupa data sekunder dengan bahan hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, maupun bahan hukum tersier. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan mendasarkan pada studi kepustakaan. Perwakilan negara Rusia yang bekerja di PBB memiliki hak istrimewa berupa hak kekebalan dan keistimewaan serta kewajiban dimanapun mereka berada. Hak-hak dan kewajiban perwakilan negara telah diatur dalam hukum internasional dan harus dijamin oleh negara penerima termasuk Amerika Serikat sebagai Tuan Rumah PBB. Amerika Serikat memiliki kapasitas untuk melakukan Persona Non Grata terhadap perwakilan negara yang ada di wilayahnya.Persona Non Grata yang dilakukan terhadap perwakilan negara Rusia melanggar ketentuan-ketentuan dalam Headquarters Agreement karena tidak memiliki dasar atau alasan yang sesuai denganagreementtersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74252
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jul 2019 09:28
Last Modified:17 Jul 2019 09:28

Repository Staff Only: item control page