TANGGUNG JAWAB DIREKSI DALAM KEPAILITAN PERSEROAN TERBATAS (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR. 04/Pdt.Sus-PKPU.PAILIT/2018/PN.Niaga Mks. KASUS PT. ABU TOURS)

NUGROHO, AKHMAD FAJAR ADI and Mahmudah, Siti and Saptono, Hendro (2019) TANGGUNG JAWAB DIREKSI DALAM KEPAILITAN PERSEROAN TERBATAS (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR. 04/Pdt.Sus-PKPU.PAILIT/2018/PN.Niaga Mks. KASUS PT. ABU TOURS). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perseroan Terbatas dalam menjalankan pengurusan perseroan, tentunya melalui organ-organnya, salah satunya yaitu direksi. Direksi dalam menjalankan pengurusan perseroan sesuai dengan maksud dan tujuan perseroan yang tertuang dalam Anggaran Dasar Perseroan Terbatas tersebut serta tidak bertentangan dengan Undang-Undang yang berlaku. Dalam hal tindakan direksi yang menyebabkan Perseroan Terbatas pailit, ada beberapa hal yang harus dicermati, antara lain bagaimana tanggung jawab direksi dalam kepailitan Perseroan Terbatas dan apakah direksi dapat dipailitkan bersamaan pailitnya Perseroan Terbatas dalam Putusan No. 04/Pdt.Sus-PKPU.PAILIT/2018/PN.Niaga Mks. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan yuridis normative. Spesifikasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwa tanggung jawab direksi menurut Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 yaitu tanggung jawab direksi secara pribadi apabila direksi melakukan kesalahan atau kelalaian dalam menjalankan Perseroan Terbatas. Direksi dapat dipailitkan bersamaan dengan pailitnya Perseroan Terbatas apabila ia dalam penanggung pribadi terhadap utang-utang Perseroan Terbatas melepaskan hak istimewanya sebagai penanggung dalam Pasal 1831 KUHPerdata dan jika dapat membuktiksn secara sumir unsur-unsur kepailitan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 37 tahun 2004 Tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Direksi, Perseroan Terbatas, Kepailitan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:K Law > K Law (General)
Divisions:Faculty of Law > Department of Law
ID Code:74250
Deposited By:Ms Fahim FH
Deposited On:17 Jul 2019 09:24
Last Modified:17 Jul 2019 09:24

Repository Staff Only: item control page