ANALISIS SEBARAN KARBON MONOKSIDA (CO) DI KAWASAN WISATA ALUN-ALUN LOR KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN CALINE4 DAN SURFER 13

Roria Sihombing, Angelika and Hardyanti, Nurandani and Wisnu Wardhana, Irawan (2019) ANALISIS SEBARAN KARBON MONOKSIDA (CO) DI KAWASAN WISATA ALUN-ALUN LOR KOTA YOGYAKARTA MENGGUNAKAN CALINE4 DAN SURFER 13. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img]
Preview
PDF
65Kb

Abstract

ABSTRAK Analisis Sebaran Karbon Monoksida (CO) Di Kawasan Wisata Alun-Alun Lor Kota Yogyakarta Menggunakan Caline4 Dan Surfer 13 Angelika Roria Sihombing, Nurandani Hardyanti, Irawan Wisnu Wardhana Kota Yogyakarta sedang menghadapi masalah yang cukup rumit berkaitan dengan transportasi darat. Jumlah penduduk yang semakin bertambah dan meningkatnya daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor memicu meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor juga dapat menghasilkan polutan CO, sehingga perlu dilakukannya penelitian mengenai polutan CO dan sebarannya menggunakan software Caline4 dan Surfer 13. Kemudian dilakukan perbandingan antara konsentrasi CO hasil validasi di lapangan dengan hasil estimasi pada software Caline4. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama 4 hari, yaitu 2 hari kerja dan 2 hari libur pada pukul 07.00-08.00 pagi dan 16.00-17.00 sore. Konsentrasi CO hasil validasi pada tiap titik di sekitar Alun-alun Lor Kota Yogyakarta tidak ada yang melebihi baku mutu udara ambien menurut Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No.153 Tahun 2002 dengan nilai baku mutu CO sebesar 30000 μg/Nm3 . Faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi CO secara signifikan adalah volume kendaraan, kecepatan angina, arah angin, dan faktor meteorologi lainnya. Presentasi error menggunakan perhitungan RMSPE yaitu lebih dari 10% sebesar 12,22% hal ini disebabkan karena adanya beberapa data yang dibutuhkan sebagai data input software Caline4 tidak dapat diukur secara langsung di lapangan oleh peneliti.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
Faculty of Engineering > Department of Environmental Engineering
ID Code:74139
Deposited By:Ms teknik lingkungan
Deposited On:16 Jul 2019 09:51
Last Modified:16 Jul 2019 09:51

Repository Staff Only: item control page