HUBUNGAN ANTARA UKURAN MEJA KURSI BELAJAR TERHADAP KELUHAN SUBJEKTIF MUSKULOSKELETAL PADA ANAK SEKOLAH KELAS V-VI DI SDIT HARAPAN BUNDA SEMARANG

SYAMSINI, SULIS (2005) HUBUNGAN ANTARA UKURAN MEJA KURSI BELAJAR TERHADAP KELUHAN SUBJEKTIF MUSKULOSKELETAL PADA ANAK SEKOLAH KELAS V-VI DI SDIT HARAPAN BUNDA SEMARANG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
15Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Anak sekolah merupakan kelompok masyarakat yang berada pada periode masa pertumbuhan sehingga rawan akan terjadinya gangguan-gangguan kesehatan . oleh karena itu diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan seperti pembinaan lingkungan sekolah yang sehat mencakup lingkungan fisik. Salah satunya adalah sarana belajar di sekolah yaitu meja kursi belajar. Meja kursi belajar yang digunakan harus disesuaikan dengan ukuran antropometri siswa agar mencegah terjadinya kelelahan pada siswa sehingga efektifitas belajar tidak menurun dan mencegah terjadinya kelainan pada pertumbuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ukuran meja kursi belajar terhadap keluhan subjective muskuloskeletal pada anak kelas V-VI SD. Metode penelitian adalah Explanatoty research dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 102 siswa dengan jumlah sampel 43 siswa,dipilih dengan simple random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah anak kelas V-VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meja kursi belajar terbuat dari kayu,permukaan meja rata dan tidak menyilaukan. Meja kursi belajar mempunyai ukuran tinggi meja lebih tinggi dari tinggi siku,tinggi tempat duduk lebih pendek dari panjang tungkai bawah,panjang alas duduk lebih pendek dari panjang tungkai atas (selisih 12,5cm),dan jarak sandaran pinggang dari alas duduk lebih tinggi dari pada tinggi pinggul duduk,meja kursi tidak ergonomis sebanyak 95,4%. Paling tidak ergonomis pada ukuran panjang alas duduk (93%),sandaran pinggang (90,7%) dan tinggi meja (86%).Siswa yang mengalami keluhan sebanyak 93,1%. Keluhan subjektif siswa adalah adalah keluhan leher (60,5%),tangan (44,2%),lengan dan kaki (41,9%),punggung dan bahu (34,9%),paha (32,6%),dan lutut (20,9%). Ada hubungan antara ukuran meja kursi belajar dengan keluhan subjektif muskoloskeletal pada anak SD (p=0,001). Pihak sekolah perlu memperhatikan pemakaian meja kursi belajar disesuaikan dengan antropometri siswa. Guru agar membentuk lay out ruang belajar yang nyaman dalam belajar. Dianjurkan untuk membuat pergantian tempat duduk berkala pada masing-masing siswa. Kata Kunci: ergonomi,keluhan subjektif muskoloskeletal,siswa SD THE RELATIONSHIP BETWEEN THE SIZE OF STUDENT DESKS AND CHAIRS WITH SUBJECTIVE COMPLAINTS OF MOSCULOSKELETAL OMONG STUDENT OF V-VI GRADE IN THE INTEGRATED ISLAMIC SCHOOL OF HARAPAN BUNDA SEMARANG Student are a group of people that live in a growing period. There fore there will bw a risk to occur among them some health problems.Hence,it is necessary to improve the level of healthy. for example,maintenance of healthy school environment which includes physical envirinment. The one is school fasilities. They are students desks and shairs in school. The use of them must be matched with the size of student antropometric. Purpose of the research is to know the relationship between the size of students desks and chairs with subjective complaints of mosculoskeletal among students of V-VI grade. Method of the research is explanatory research by cross sectional approach. The amount of population is students with the sample amount is 43 students,it is selected by using simple random sampling. The respondens of the research are the students of V-VI grade. Result of the research shows that students desks and chairs are made from wooden material,the desk surface is not flat and blinded,they have a footstool. Size of students desk and chairs are higher than the angle,the chairs are shorter than legs,the sitting base is shorter than the size of under legs(the diversion is 12,5 cm),and the distance of waits from sitting base is higher than the sitting angle. The students desks and chairs which are not ergonomic found around 95,4%. The most unergonomic found setting base length (93%),the arm of chair (90,7%),and the height of desks(86%). The students who are complaint is 93,1%. The students subjective complaints are neck complaint (60,5%), hads (44,2%),arms and foot (41,9%),weist and shoulder (34,9%),thigh (32,6%),and knee (20,9%). There is relationship between the size of students desks and chairs with subjective complaints of musculoskeletal (p=0,001). The school direction should be concerned the use of students desks and chairs matched with students antropometric. The teachers are suggested to make a confortable room lay out in study. It is suggested to make change of sitting among students frequently. Keyword: ergonomy,subjective complaints of musculosceletal,students

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:7405
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Mar 2010 10:09
Last Modified:17 Mar 2010 10:09

Repository Staff Only: item control page