KUALITAS PELAYANAN ONLINE “PENDAFTARAN MANDIRI AKTA TANAH (PERMATA)” DI KANTOR PERTANAHAN KOTA SEMARANG (Studi Kasus Pelayanan Balik Nama Sertifikat Hak Atas Tanah)

Puspitasari, Ikha Nathalia (2019) KUALITAS PELAYANAN ONLINE “PENDAFTARAN MANDIRI AKTA TANAH (PERMATA)” DI KANTOR PERTANAHAN KOTA SEMARANG (Studi Kasus Pelayanan Balik Nama Sertifikat Hak Atas Tanah). Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
495Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
784Kb
[img]
Preview
PDF
1119Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
298Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1089Kb

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan penilaiaan pelayanan dari penerima layanan publik kepada penyelenggara, agar dalam penyelenggaraan berupa administratif, jasa atau barang dapat memuaskan masyarakat. Tuntutan penerima layanan dan didukung dengan kecanggihan teknologi mendorong pemerintah memberikan pelayanan berbasis online. Salah satu instansi pemerintah yang menerapkannya adalah Kantor Pertanahan Kota Semarang, melalui pelayanan online “Pendaftaran Mandiri Akta Tanah”. Pelayanan online PERMATA untuk memfasilitasi para PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) di wilayah kerja Kota Semarang agar dapat meningkatkan pemeliharaan data, sehingga akan lebih mudah, sederhana dan cepat dilaksanakan, karena melalui online yang sudah terintegrasi dengan aplikasi KKP Web. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pelayanan online PERMATA di Kantor Pertanahan Kota Semarang (Studi Kasus Pelayanan Balik Nama Sertifikat Hak Atas Tanah) serta apa saja faktor penghambat kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian kualitas pelayanan online PERMATA belum sesuai yang diharapkan, melihat dari 5 dimensi tangible, reliability, responsiveness, access, dan assurance bahwa : a)Terdapat sarana prasarana yang belum terpenuhi; b)Kurang handalnya pegawai yang berusia 50tahun keatas; c)Upaya pelayanan yang belum sesuai prosedur; d)Respon pegawai terhadap pemohon yang rendah saat memberikan pelayanan; e)Tidak adanya media pengaduan pelayanan online dan; f)Tidak memberikan jaminan waktu menyelesaikan pelayanan. Faktor penghambat dari kualitas pelayanan online PERMATA adalah faktor aturan Staff PPAT yang tidak disiplin dalam mengantri dan faktor organisasi terkait sistem pembagian pekerjaan yang tidak merata. Oleh karena itu perlunya menigkatkan kualitas dan kuantitas bagi pegawai serta menegakkan aturan sesuai yang telah dibuat. Kemudian pengadaan sarana prasarana yang memadahi untuk menunjang kualitas pelayanan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
ID Code:73926
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:10 Jul 2019 15:02
Last Modified:10 Jul 2019 15:02

Repository Staff Only: item control page