STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN CALON ANIES BASWEDAN DAN SANDIAGA UNO DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA TAHUN 2017

Widya, Arya Parama (2019) STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN CALON ANIES BASWEDAN DAN SANDIAGA UNO DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA TAHUN 2017. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
793Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
646Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
442Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
615Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
151Kb

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada menjadi manifestasi dari kedaulatan rakyat untuk memilih pemimpin lokal di daerah. Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu wilayah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2017. Statusnya sebagai ibu kota negara membuat hasil Pilkada DKI Jakarta menjadi barometer politik nasional. Pada Pilkada DKI Jakarta 2017, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berhasil memenangkan kontestasi dan mengalahkan petahana dengan suara yang telak. Bahkan, pasangan Anies dan Sandi berhasil menyapu bersih 5 wilayah administrasi dan 1 kabupaten di seluruh Provinsi DKI Jakarta. Menariknya, Anies dan Sandi berhasil mengalahkan petahana dengan tingkat kepuasan publik yang cukup tinggi yang didukung oleh partai pemerintah. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi kemenangan Anies dan Sandi ada beberapa hal. Faktor tersebut dikelompokan menjadi faktor umum dan faktor khusus. Faktor umum kemenangan Anies dan Sandi adalah adanya resistensi terhadap petahana, munculnya politik uang, dan kerjasama relawan dan kader partai politik yang baik. Sedangkan faktor khusus yang melandasi kemenangan adalah munculnya politik identitas dalam masa kampanye serta isu reklamasi yang ditentang oleh pasangan Anies dan Sandi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
ID Code:73905
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:10 Jul 2019 11:14
Last Modified:10 Jul 2019 11:14

Repository Staff Only: item control page