HUBUNGAN ANTARA TERPAAN INFORMASI KELOMPOK RUJUKAN ONLINE DAN KELOMPOK RUJUKAN OFFLINE DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMERA SONY A7II

Budiono, Binarso (2019) HUBUNGAN ANTARA TERPAAN INFORMASI KELOMPOK RUJUKAN ONLINE DAN KELOMPOK RUJUKAN OFFLINE DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMERA SONY A7II. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
929Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
372Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
490Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
124Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
87Kb

Abstract

Kamera telah menjadi kebutuhan bagi pengguna sosial media. Saat ini terdapat beberapa merek yang ada di pasar kamera sekarang ini, seperti Lumix, Olympus, Fujifilm, Sony, Canon, Nikon. Karna kamera merupakan produk dengan keterlibatan yang tinggi sehingga membuat konsumen harus terlibat dan melakukan pencarian sebelum melakukan keputusan pembelian, dari banyaknya merek yang beredar konsumen mendapat dan mencari informasi melalui kelompok rujukan yang digunakannya untuk membuat keputusan mana kamera yang akan dibelinya. Terpaan informasi yang didapat oleh konsumen bersumber dari kelompok rujukan online dan kelompok rujukan offline. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan informasi kelompok rujukan online dan kelompok rujukan offline dengan keputusan pembelian kamera Sony A7II. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Reference Group dan Teori integrasi informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe explanatori. Penelitian ini menggunakan teknik non random dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang dengan usia 18-30 Tahun yang berada di pulau Jawa. Hasil dari analisis korelasi Kendall Tau menunjukan bahwa terpaan informasi kelompok rujukan online memiliki hubungan yang kuat dengan keputusan pembelian kamera sony A7II, ditunjukkan dengan nilai koefisiennya 0.563 dan signifikansi sebesar 0.000, dan hubungan antara terpaan informasi kelompok rujukan offline dengan keputusan pembelian kamera Sony A7II juga memiliki hubungan yang kuat hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian didapatkan nilai koefisien korelasinya sebesar 0.503 dan nilai signifikansinya sebesar 0.000. dari hasil yang diperoleh terpaan informasi kelompok rujukan online dan offline memiliki hubungan positive dengan keputusan pembelian kamera, maka disarankan bagi merek kamera untuk meningkatkan hubungannya dengan kelompok rujukan online dan offline.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:73900
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:10 Jul 2019 10:30
Last Modified:10 Jul 2019 10:30

Repository Staff Only: item control page