Idiosinkretisme dalam Hubungan Bilateral: Studi Kasus Peningkatan Status Kemitraan Strategis Indonesia-Korea Selatan tahun 2017

Rulita, Utari Eka (2019) Idiosinkretisme dalam Hubungan Bilateral: Studi Kasus Peningkatan Status Kemitraan Strategis Indonesia-Korea Selatan tahun 2017. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
811Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
312Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
329Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
498Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
555Kb

Abstract

Hubungan bilateral pada abad 21 telah mengalami perkembangan pesat dan cenderung melibatkan aktor pemimpin negara secara langsung melalui mekanisme summit diplomacy. Kajian tradisional mengenai hubungan bilateral mulai bergeser seiring peningkatan model kerjasama yang semakin bervariasi. Latar belakang terjalinnya kerjasama tidak lagi sebatas faktor material namun juga faktor non-material. Peningkatan status dalam hubungan bilateral Indonesia-Korea Selatan mendorong penelitian ini untuk menguji pendekatan idiosinkretisme dalam skema hubungan bilateral abad 21. Idiosinkretisme Margareth Hermann akan digunakan untuk mendukung argumen penelitian ini, bahwa kesamaan faktor idiosinkretik dalam kebijakan diplomasi ekonomi Jokowi dan New Southern Policy Moon Jae-in berpengaruh signifikan terhadap peningkatan status kemitraan strategis Indonesia-Korea Selatan. Data dalam penelitian ini bersumber dari kajian pustaka, teks pidato dan pernyataan kedua pemimpin negara, dianilisis menggunakan metode analisis isi. Namun demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan idiosinkretisme tidak cukup memadai untuk disandingkan langsung dengan skema hubungan bilateral. Melainkan harus diiringi dengan penggunaan kebijakan luar negeri sebagai pondasi hubungan bilateral. Penelitian ini juga menunjukkan adanya pergeseran pada tipologi pemimpin negara menurut Hermann. Kedua pemimpin negara berada di antara tipe agresif dan konsiliator yaitu tipe moderat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JZ International relations
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
ID Code:73895
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jul 2019 09:48
Last Modified:10 Jul 2019 09:48

Repository Staff Only: item control page