PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF PERAWAT TERHADAP KEMAMPUAN EDUKASI SPEAK UPPATIENT SAFETY DI RUMAH SAKIT EMANUEL KLAMPOK BANJARNEGARA

Agustina , Clara and Dwiantoro, Luky and Warsito, Bambang Edi (2019) PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF PERAWAT TERHADAP KEMAMPUAN EDUKASI SPEAK UPPATIENT SAFETY DI RUMAH SAKIT EMANUEL KLAMPOK BANJARNEGARA. Masters thesis, DIPONEGORO UNIVERSITY.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

4Mb

Abstract

Pentingnya informasi dan edukasi pasien dan keluarga tentang keselamatan pasien telah mendorong berbagai organisasi internasional untuk mengembangkan model komunikasi yang efektif untuk pelayanan kesehatan yang melibatkan pasien dan keluarga dan lebih aman, yang salah satunya dengan metoda SPEAK-UP. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh perawat sebagai edukator adalah komunikasi efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi efektif perawat terhadap kemampuan edukasi speak up patient safety di Rumah Sakit Emanuel klampok Banjarnegara.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental dengan bentuk pretest-postest with control group design. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 74 pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Data observasi diambil melalui menggunakan lembar observasi komunikasi efektif perawat dan kemampuan edukasi speak up patient safetydan dianalisa menggunakan Wilcoxon Signed Rank dan menggunakan Mann-Whitney U.Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan edukasi speak up patient safetypada kelompok intervensi sebelum mendapatkan perlakuan menunjukan median 8,00 dan median 13,00 setelah perlakuan dengan p value 0,0001 yang artinya ada peningkatan pada kemampuan edukasi speak up patient safety sesudah dilakukan intervensi. Kemampuan edukasi speak up patient safety pada kelompok kontrol menunjukan nilai median 8,00 menjadi 8,64. Komunikasi efektif perawat dapat meningkatkan kemampuan perawat dalam edukasi speak up patient safety.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nursing
Faculty of Medicine > Department of Nursing
ID Code:73888
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:10 Jul 2019 10:43
Last Modified:10 Jul 2019 10:43

Repository Staff Only: item control page