Analisis Penerapan Petty Policy oleh Amerika Serikat Melalui African Growth Opportunity Act dalam Kerja Sama Perdagangan Pakaian Bekas dengan East African Community

Annisa, Annisa (2019) Analisis Penerapan Petty Policy oleh Amerika Serikat Melalui African Growth Opportunity Act dalam Kerja Sama Perdagangan Pakaian Bekas dengan East African Community. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
448Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
285Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
356Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
305Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
90Kb

Abstract

Negara-negara yang tergabung ke dalam East African Countries(EAC) pada 2015 menyatakan bahwa impor pakaian bekas (second-hand clothing) mulai dilarang di tahun 2019. EAC Summit yang diselenggarakan pada tanggal 22 Februari 2018 menghasilkan sebuah kesepakatan untuk mengalihkan investasi ke industri-industri tekstil lokal dan impor pakaian bekas dikenakan pajak. Namun, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengancam akan menghapus bantuan African Growth Opportunity Act (AGOA) sebagai bentuk kerja sama ekspor-impor untuk negara-negara Afrika yang bersifat bebas pajak. Selain itu, Trump juga mengancam akan mengeluarkan Rwanda dari AGOA karena berusaha membatasi kuota impor pakaian bekas di negaranya. Dalam analisis laba, ekspor pakaian bekas berdampak sangat kecil terhadap peningkatan perekonomian AS, tetapi Trump menerapkan kebijakan ini.Penelitian ini menggunakan teori desicion making untuk menjelaskan motif perilaku AS yang bersifat “memaksa”EAC. Penelitian ini berfokus pada penggunaan konsep Rational Actor Model (RAM) untuk menganalisis motif dan tujuan implementasi petty policy AS melalui AGOA. Argumen utama dari penelitian ini adalah tujuan AS bersifat rasional karena ingin mengentaskan permasalahan lingkungan di negaranya akibat pakaian bekas serta mengembalikan pengaruh politiknya ke wilayah Afrika Timur dengan cara mengamankan perdagangan pakaian bekas sebagai perdagangan terbesar AS dengan EAC.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:J Political Science > JZ International relations
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
ID Code:73872
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jul 2019 09:02
Last Modified:10 Jul 2019 09:02

Repository Staff Only: item control page