Pengaruh Terpaan Kampanye #2019GantiPresiden dan Persepsi Masyarakat Tentang Program Kerja Pasangan Capres Prabowo Sandi Terhadap Minat Memilih Prabowo Sandi Pada Pilpres 2019 di Sumatera Barat

Hayati, Rahmi (2019) Pengaruh Terpaan Kampanye #2019GantiPresiden dan Persepsi Masyarakat Tentang Program Kerja Pasangan Capres Prabowo Sandi Terhadap Minat Memilih Prabowo Sandi Pada Pilpres 2019 di Sumatera Barat. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
388Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
790Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1012Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
363Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
186Kb

Abstract

Media sosial dinilai paling efektif dalam menyebarkan isu-isu sehingga menjadi viral di kalangan masyarakat. Salah satu isu yang masif disebarkan di media sosial adalah isu terkait ganti presiden pada 2019 hingga memunculkan tagar #2019GantiPresiden yang sudah di mention lebih dari 1 juta kali di twitter selama periode 1 Juli hingga 31 Desember 2018. Munculnya tagar ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan publik terhadap calon presiden Prabowo Subianto. Namun elektabilitas Prabowo Subianto di Sumatera Barat menurut hasil survei dari Indo Barometer pada akhir Januari 2018 justru menurun dibandingkan pada Pilpres 2014 yaitu sebesar 19,1% sedangkan elekabilitas Jokowi naik dibandingkan pada Pilpres 2014 yaitu sebesar 32,% Selain faktor informasi dari media sosial, faktor lain yang juga mempengaruhi minat seseorang untuk memilih calon presiden adalah melalui persepsi mereka tentang program-program kerja yang diusung oleh calon presiden bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terpaan kampanye #2019GantiPresiden di media sosial dan persepsi masyarakat tentang program kerja pasangan capres Prabowo Sandi terhadap minat memilih Prabowo Sandi pada pilpres 2019 di Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatori. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Media Framework Theory untuk mengkaji pengaruh terpaan kampanye #2019GantiPresiden di media sosial terhadap minat pilih dan Teori Interpersonal dan Opini Publik untuk mengkaji pengaruh persepsi masyarakat tentang program kerja pasangan capres Prabowo Sandi terhadap minat pilih masyarakat di Sumatera Barat. Teknik penarikan sampel menggunakan nonprabability sampling yang dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 50 orang dengan kriteria warga Sumatera Barat umur 17-25 tahun dan terkena terpaan kampanye #2019GantiPresiden di media sosial. Pengujian dilakukan dengan menggunakan Uji Regresi Ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh terpaan kampanye #2019GantiPresiden terhadap minat memilih Prabowo Sandi di Sumatera Barat dengan signifikansi 0,241 melebihi standarisasi signifikansi yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terpaan kampanye #2019GantiPresiden di media sosial tidak mempengaruhi minat masyarakat Sumatera Barat untuk memilih pasangan capres Probowo Sandi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi masyarakat tentang program kerja terhadap minat memilih Prabowo Sandi pada Pilpres 2019 di Sumatera Barat sebesar 26,5%. Sisanya yaitu sebesar 73,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Korelasi antar variabel menunjukkan signifikansi sebesar 0,004. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh persepsi masyarakat tentang program kerja paslon terhadap minat memilih Prabowo Sandi pada Pilpres 2019 di Sumatera Barat. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih mengenai faktor-faktor lain diluar faktor yang diteliti yang dapat mempengaruhi minat seseorang dalam memilih seorang pemimpin.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:73846
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:29 Aug 2019 14:35
Last Modified:29 Aug 2019 14:35

Repository Staff Only: item control page