Hubungan Terpaan Buzz Marketing Bocah Tembalang Terhadap Keputusan Follower Untuk Datang Ke Event Media Partner Bocah Tembalang Dengan Status Sosial Ekonomi Follower Sebagai Variabel Moderating

Elisabet, Elisabet (2019) Hubungan Terpaan Buzz Marketing Bocah Tembalang Terhadap Keputusan Follower Untuk Datang Ke Event Media Partner Bocah Tembalang Dengan Status Sosial Ekonomi Follower Sebagai Variabel Moderating. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
709Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1472Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1400Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1280Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
967Kb

Abstract

Bocah Tembalang merupakan buzzer media partner yang bergerak dalam platform instagram dengan jumlah pengikut yang mayoritas adalah mahasiswa. Bocah Tembalang sudah melakukan buzzing untuk menarik konsumen. Namun pada kenyataannya terdapat beberapa event yang bekerjasama dan mempercayakan pemasarannya kepada Bocah Tembalang dan tidak mencapai target pengunjung yang diinginkan. Maka dari itu, penelitian ini ingin mengetahui apakah terpaan buzz marketing Bocah Tembalang memiliki hubungan dengan keputusan follower untuk datang ke event media partner Bocah Tembalang. Penelitian ini juga akan menguji hubungan hubungan terpaan buzz marketing Bocah Tembalang terhadap keputusan follower untuk datang ke event media partner Bocah Tembalang dengan status sosial ekonomi follower sebagai variabel moderating. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Elaboration Likelihood Theory. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe eksplanatori dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan cara purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah follower aktif Bocah Tembalang selama satu tahun terakhir. Jumlah responden yaitu 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi kendall tau-b dan konkordansi kendall W. Dalam penelitian ini ditunjukkan bahwa terpaan buzz marketing Bocah Tembalang mengenai event media partner Bocah Tembalang tinggi dikarenakan tingginya followers Bocah Tembalang yang banyak mengakses informasi melalui akun Bocah Tembalang. Hal ini dilihat dari jumlah visit follower dalam mengakses Bocah Tembalang dalam satu waktu tertentu. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa Terpaan Buzz Marketing Bocah Tembalang (X) dengan keputusan Follower untuk datang ke event media partner Bocah Tembalang (Y) , didapatkan hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,70. dengan tingkat keeratan hubungan yang kuat. Hasil signifikansi Z hitung sebesar 10,376, dimana Z hitung lebih besar dari Z table 1% yaitu 2,36 Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan Terpaan Buzz Marketing Bocah Tembalang (X) dengan keputusan Follower untuk datang ke event media partner Bocah Tembalang (Y) dan Status Sosial Ekonomi Follower (Z), didapatkan hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,39.Hasil tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif yang tidak signifikan dengan tingkat keeratan hubungan yang sangat lemah. Dalam penelitian ini juga ditemukan Bocah Tembalang memiliki tingkat keviralan yang cepat dalam menyebarkan informasi kepada follower sehingga Bocah Tembalang dapat dijadikan media partner yang baik dalam event media partner perusahaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:73845
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:29 Aug 2019 14:34
Last Modified:29 Aug 2019 14:34

Repository Staff Only: item control page