Pengaruh Intensitas Bermain Video Game Online PUBG Dan Motivasi Untuk Mengikuti Kuliah Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Di Kampus

Sari, Devi Purnama (2019) Pengaruh Intensitas Bermain Video Game Online PUBG Dan Motivasi Untuk Mengikuti Kuliah Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Di Kampus. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
826Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
1347Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
438Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
497Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
481Kb

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari dekanat teknik UNDIP terkait daftar IP dan IPK mahasiswa Teknik Undip angkatan 2016, dimana dari 743 mahasiswa di beberapa jurusan, masih terdapat 181 mahasiswa atau sebesar 24,35% yang masih memperoleh IPK dibawah 2,75 (standart evaluasi tahap 2). Intensitas yang tinggi dalam bermain game online dapat memberikan dampak negatif terhadap pencapaian prestasi akademik mahasiswa. Namun, motivasi merupakan salah satu faktor yang dibutuhkan untuk menunjang pencapaian prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh intensitas bermain video game online PUBG dan motivasi untuk mengikuti kuliah terhadap prestasi akademik mahasiswa di kampus dengan menggunakan Konsep Internet Addiction dan Teori Motivasi Dua Faktor. Teknik penarikan sampel menggunakan nonprobability sampling yang dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah sample sebanyak 50 orang dengan kriteria mahasiswa teknik undip angkatan 2016 yang bermain video game online PUBG. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan Uji Regresi Linear Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan negatif intensitas bermain video game online PUBG terhadap prestasi akademik mahasiswa yaitu sebesar 11,2%. Sisanya sebesar 88,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Korelasi antar variabel adalah sebesar 0,017. Hal ini menunjukkan bahwa intensitas bermain video game online PUBG mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa di kampus. Bahwa semakin tinggi intensitas dalam bermain video game online PUBG, maka akan semakin rendah prestasi akademik mahasiswa di kampus. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sangat signifikan motivasi untuk mengikuti kuliah terhadap prestasi akademik mahasiswa di kampus sebesar 21,6 %. Sisanya sebesar 78,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Korelasi antar variabel menunjukkan signifikansi sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan intensitas bermain video game online PUBG terhadap prestasi akademik mahasiswa di kampus. Semakin tinggi motivasi dalam mengikuti kuliah, maka akan semakin tinggi pula pencapaian prestasi akademik mahasiswa. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkali lebih mengenai faktor-faktor lain diluar faktor yang diteliti yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa/ mahasiswa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:73843
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:09 Jul 2019 11:25
Last Modified:09 Jul 2019 11:25

Repository Staff Only: item control page