Pengaruh Terpaan Iklan di Televisi (Brand Awareness dan Brand Attitude) Vivo Smartphone dan Tingkat Kepercayaan tentang Informasi Vivo Smartphone dalam Peer Group Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vivo Smartphone

Rosa, Ayu Rafika (2019) Pengaruh Terpaan Iklan di Televisi (Brand Awareness dan Brand Attitude) Vivo Smartphone dan Tingkat Kepercayaan tentang Informasi Vivo Smartphone dalam Peer Group Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vivo Smartphone. Undergraduate thesis, Faculty of Social and Political Science.

[img]
Preview
PDF - Published Version
387Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
208Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
196Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
284Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
46Kb

Abstract

Vivo Smartphone adalah salah satu merek smartphone dengan penempatan iklan sejumlah 99% di layar televisi Indonesia. Penayangan iklan secara terus-menerus dapat meningkatkan brand awareness dan membentuk brand attitude masyarakat terhadap Vivo Smartphone. Namun, dengan frekuensi penayangan iklan tersebut Vivo Smartphone masih belum bisa mencapai targetnya. Maka dari itu, penelitian ini ingin mengetahui apakah terpaan iklan di televisi (brand awareness dan brand attitude) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Vivo Smartphone. Selain itu, penelitian ini juga menguji pengaruh tingkat kepercayaan tentang informasi Vivo Smartphone dalam peer group terhadap keputusan pembelian produk Vivo Smartphone. Penelitian ini menggunakan Advertising Exposure Theory dan Reasoned of Action Theory. Sampel dalam penelitian ini adalah pria atau wanita usia 15-35 tahun yang mendapat terpaan iklan Vivo Smartphone di televisi dan pernah berdiskusi tentang produk Vivo Smartphone dengan peer group-nya serta berdomisili di Semarang. Jumlah sampel yaitu 50 orang dengan teknik nonprobability sampling jenis sampling kuota. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier menggunakan program SPSS. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa terpaan iklan di televisi tidak berpengaruh signifikan terhadap brand awareness Vivo Smartphone dengan taraf signifikansi 0.941. Selanjutnya hasil uji hipotesis kedua, brand awareness dan brand attitude Vivo Smartphone tidak berpengaruh signifikan dengan taraf signifikansi 0.935. Hasil uji hipotesis ketiga juga menunjukkan bahwa brand attitude tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Vivo Smartphone dengan taraf signifikansi 0.758. Sedangkan hasil uji hipotesis keempat menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan tentang informasi dalam peer group berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Vivo Smartphone dengan taraf signifikansi 0.042. Koefisien regresinya adalah 0.126 yang berarti jika terjadi peningkatan tingkat kepercayaan tentang informasi dalam peer group maka tingkat keputusan pembelian produk Vivo Smartphone akan bertambah sebesar 0.126. Selain itu, tingkat kepercayaan tentang informasi dalam peer group memberikan pengaruh sebesar 8.3% terhadap keputusan pembelian produk Vivo Smartphone.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > HF Commerce
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
ID Code:73841
Deposited By:Perpustakaan Fisip Undip
Deposited On:09 Jul 2019 11:11
Last Modified:09 Jul 2019 11:11

Repository Staff Only: item control page