Pengaruh jenis tegakan mangrove dengan fattening nila (Orechomis niloticus) dalam wanamina berwawasan lingkungan di mangunharjo Kotamadya Semarang

Rini Budihastuti, - and Anggoro, Sutrisno and Suradi W.S, Suradi W.S Pengaruh jenis tegakan mangrove dengan fattening nila (Orechomis niloticus) dalam wanamina berwawasan lingkungan di mangunharjo Kotamadya Semarang. Journal lingkungan tropis Vol 6 .

[img]
Preview
PDF (Pengaruh jenis tegakan mangrove dengan fattening nila (Orechomis niloticus) dalam wanamina berwawasan lingkungan di mangunharjo Kotamadya Semarang (jurnal))
185Kb
[img]
Preview
PDF (Peer Review)
3787Kb

Abstract

Kawasan pantai mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan, baik secara ekonomi, sosial dan lingkungan. Salah satu kawasan yang sangat berpengaruh terhadap kelestarian lingkungan pantai adalah hutan mangrove, Kondisi hutan mangrove saat ini pada umumnya dalam kondisi rusak berat, sehingga mengganggu kelestarian lingkungan. Untuk itu upaya yang cocok untuk dikembangkan dalam pelestarian kawasan pantai adalah wanamina (silvofishery). Wanamina (silvofishery) adalah suatu kegiatan yang terintegrasi (terpadu) antara budidaya perikanan air payau (perikanan) dengan pengembangan mangrove (kehutanan) pada lokasi yang sama. Penelitian ini dilakukan dipantai utara kelurahan Mangunharjo, kecamatan Tugu, kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan hasil fattening kultivan nila (Oreochromis niloticus) dengan adanya perlakuan tanaman Avicennia, Rhizophora, tanpa tanaman mangrove dengan kultivan nila dengan pakan alami dan membuktikan bahwa ikan nila biasanya hidup di air tawar bisa dibudidayakan di air payau. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan riset lapangan dan pengamatan langsung selama 4 bulan. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan 3 perlakuan dan 2 ulangan. Perlakuan yang diterapkan adalah jenis tanaman mangrove Rhizophora, Avicennia dan tanpa tanaman mangrove. Data yang diperoleh dianalisa dengan balance design analisa varians pada taraf uji 0.05%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kultivan nila yang di budidayakan di lokasi pada tegakan Avicennia memberikan hasil yang terbaik, kemudian diikuti dengan Rhizophora dan tanpa tanaman mangrove. Kata kunci: manggrove, wanamina, fattening nila, dan wawasan lingkungan.

Item Type:Article
Subjects:S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions:Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Fisheries
ID Code:73673
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Jun 2019 16:30
Last Modified:08 Aug 2019 14:24

Repository Staff Only: item control page