Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Efikasi Diri Berwirausaha pada Kelompok Mahasiswa Undip Young Entrepreneur

Antoxida, Rebina Bilqis and Sawitri, Dian Ratna (2019) Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Efikasi Diri Berwirausaha pada Kelompok Mahasiswa Undip Young Entrepreneur. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
504Kb

Abstract

Efikasi diri berwirausaha adalah keyakinan yang dimiliki individu bahwa ia mampu menjalankan peran dalam aktivitas wirausaha dengan berbagai risiko untuk mendapatkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan efikasi diri berwirausaha pada kelompok mahasiswa Undip Young Entrepreneur. Dukungan sosial pada penelitian ini merujuk pada perceived support yaitu segala bentuk bantuan dari orangtua yang dirasakan individu, sehingga membuat individu merasa diperhatikan, dicintai, dihargai, dan diandalkan. Dukungan yang paling dirasakan mahasiswa adalah guidance (bimbingan). Populasi penelitian ini adalah 285 mahasiswa wirausaha di Undip yang tergabung pada kelompok mahasiswa Undip Young Entrepreneur (UYE). Sampel sebanyak 155 mahasiswa diperoleh dengan convenience sampling. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Skala Dukungan Sosial Orangtua (45 aitem, α = 0,952 ) dan Skala Efikasi Diri Berwirausaha (40 aitem, α = 0,943). Uji korelasi Spearman’s Rho menunjukkan nilai rxy = 0,507 dengan p = 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan efikasi diri berwirausaha pada kelompok mahasiswa Undip Young Entrepreneur. Laki-laki memiliki efikasi diri berwirausaha yang lebih tinggi daripada perempuan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:73462
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:23 Aug 2019 09:52
Last Modified:23 Aug 2019 09:52

Repository Staff Only: item control page