“TAKING RISK TO ACHIEVE MORE” Studi Fenomenologi terhadap Mahasiswa Afrika yang Memutuskan Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Indonesia

Pinem, Dwi Jananda P.E. and Indriana, Yeniar (2019) “TAKING RISK TO ACHIEVE MORE” Studi Fenomenologi terhadap Mahasiswa Afrika yang Memutuskan Untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF
152Kb

Abstract

Mahasiswa asing di Indonesia memiliki peran penting untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia dengan negara lain dan juga sebagai indikator kesiapan institusi pendidikan tinggi menuju World Class University namun hingga saat ini masih sangat sedikit penelitian mengenai mahasiswa asing di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengalaman pengambilan keputusan mahasiswa Afrika untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah tiga orang mahasiswa asal benua Afrika yang sedang menjalankan pendidikan Magister di Indonesia dan dipilih secara purposif. Pengambilan data digunakan dengan wawancara semi terstruktur dan transkrip wawancara dianalisa dengan teknik eksplikasi data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa proses pengambilan keputusan diawali dengan keinginan untuk melanjutkan pendidikan, mencari informasi, mengaplikasikan ke beberapa negara, melakukan pertimbangan, dan memilih Indonesia. Keinginan untuk melanjutkan pendidikan dikarenakan oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi nilai tentang pentingnya pendidikan dan harapan untuk hidup lebih baik. Faktor ekstrinsik meliputi dukungan keluarga dan dukungan jejaring rekan sebaya. Indonesia dipilih karena memenuhi kriteria harapan setiap subjek dalam menempuh pendidikan tinggi yaitu negara yang aman. Pengalaman yang dialami seluruh subjek di Indonesia meliputi kesulitan dalam berkomunikasi dalam lingkungan sosial, adaptasi dengan makanan Indonesia, dan pengalaman yang baik terhadap orang Indonesia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:73442
Deposited By:Ms Siti Yuanah Psikologi
Deposited On:20 Jun 2019 15:46
Last Modified:20 Jun 2019 16:24

Repository Staff Only: item control page