ANALISIS ANTRIAN PADA PELAYANAN RAWAT INAP BERDASARKAN JENIS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SEMARANG

Suparmiati, Mia and Sugito, Sugito (2009) ANALISIS ANTRIAN PADA PELAYANAN RAWAT INAP BERDASARKAN JENIS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Mathematics and Natural science.

[img]
Preview
PDF
20Kb
[img]
Preview
PDF
17Kb

Abstract

Antrian adalah batas menunggu dari suatu kesatuan permintaan pelayanan di tempat pelayanan, kesatuan pelayanan biasa disebut dengan pelanggan dan alat dimana seseorang telah dilayani biasa disebut dengan pelayanan. Sedangkan sistem antrian adalah pelayanan kedatangan pelanggan, waktu tunggu pelayanan jika tidak segera dilayani, dan waktu tunggu untuk dilayani, serta meninggalkan sistem setelah dilayani. Antrian tersebut terjadi pada antrian seorang pasien untuk mendapatkan pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang, yaitu pada pelayanan umum, yakni kelas IA, kelas IB, kelas II, dan pelayanan khusus, yakni Kelas II, kelas IIIA, dan kelas IIIB. Pasien merupakan pelanggan sedangkan kelas merupakan pelayanan yang semuanya tergabung dalam sistem antrian. Fenomena antri untuk rawat inap memang tidak terlalu terlihat oleh kasat mata, akan tetapi ketika suatu wabah terjadi yang mengharuskan banyak pasien rawat inap, pihak rumah sakit akan lebih siap dengan kapasitas yang dimiliki. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model yang tepat untuk menggambarkan sistem antrian dan ukuran kinerja sebagai acuan untuk memperbaiki kualitas sistem yang ada. Dari data yang diperoleh maka model yang terbentuk adalah (Mi/M/4):(NPRP//) untuk pelayanan umum, dan (Mi/M/4):(NPRP//) untuk pelayanan khusus.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Sistem Antrian, RSUD Kota Semarang
Subjects:Q Science > QA Mathematics
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
ID Code:7344
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Mar 2010 18:00
Last Modified:20 Mar 2010 18:00

Repository Staff Only: item control page