UJI MIKROBIOLOGIS Salmonella, WATER ACTIVITY DAN TOTAL BAKTERI MULTINUTRIEN BLOK KOMBINASI CANGKANG KERANG DAN CANGKANG TELUR SEBAGAI SUMBER MINERAL

WULANDARI, ENDAH and TAMPOEBOLON, Baginda Iskandar Moeda and Widiyanto, Widiyanto (2019) UJI MIKROBIOLOGIS Salmonella, WATER ACTIVITY DAN TOTAL BAKTERI MULTINUTRIEN BLOK KOMBINASI CANGKANG KERANG DAN CANGKANG TELUR SEBAGAI SUMBER MINERAL. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
598Kb
[img]
Preview
PDF
73Kb
[img]
Preview
PDF
94Kb
[img]
Preview
PDF
89Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

955Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh perbedaan penambahan jenis cangkang pada multinutrien blok (MNB) terhadap Salmonella sp., water activity dan total bakteri. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2018 di Kandang Penelitian Kambing Desa Mrunten Wetan, Kecamatan Ungaran Barat dan Laboratorium Teknologi Pakan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu MNB yang terdiri dari cangkang kerang, cangkang telur, hijauan jagung, molases, bentonit, urea dan garam. Bahan yang digunakan yaitu NaCl 0,85%, media nutrient agar (NA) untuk menghitung total bakteri dan media MacConkey untuk media Salmonella sp. serta media biokimia. Alat yang digunakan yaitu timbangan digital, cetakan MNB, ember, grinder, seperangkat alat analisis proksimat, Aw meter, tabung reaksi, cawan petri, mikroskop, bunsen, jarum ose, pipet dan inkubator. Metode penelitian terbagi menjadi beberapa tahap yaitu tahap pembuatan MNB dan tahap analisis. Rancangan percobaan yang digunakan yaitu rancangan acak lengkap terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan (T 0 : MNB tanpa cangkang kerang dan cangkang telur; T 1 : MNB + 6% cangkang kerang, T 2 : MNB + 6% cangkang telur dan T 3 : MNB + 3% cangkang kerang + 3% cangkang telur). Parameter penelitian meliputi jumlah kualitatif Salmonella sp., perhitungan water activity dan total bakteri. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis varians (anova) dengan probabilitas kesalahan 5% untuk mengetahui pengaruh perlakuan, jika terdapat pengaruh perlakuan, untuk mengetahui perbedaan nilai tengah antar perlakuan maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian cangkang kerang dan cangkang telur berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap total bakteri dan water activity. Perlakuan T 0 memiliki total bakteri paling rendah yaitu 0,54 x 10 cfu/g, sedangkan total bakteri paling tinggi yaitu pada T 2 sebesar 1,85 x 10 cfu/g. Water activity pada T 0 merupakan Aw paling rendah yaitu 0,52. Hasil identifikasi analisis kualitatif Salmonella sp. menunjukkan hasil yang negatif pada masingmasing perlakuan. Simpulan dari penelitian ini yaitu multinutrien blok tanpa pemberian cangkang memiliki nilai Aw yang rendah sehingga menyebabkan jumlah total bakteri pada MNB juga rendah. Multinutrien blok yang diberi maupun tidak diberi penambahan cangkang tidak terdapat Salmonella sp.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:73328
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jun 2019 11:32
Last Modified:17 Jun 2019 11:32

Repository Staff Only: item control page