PENGARUH PAKAN KOMPLIT DENGAN LEVEL NDF BERBEDA YANG MENGANDUNG PROBIOTIK ISI RUMEN KERBAU PADA DOMBA TERHADAP NILAI KECERNAAN DAN TDN

AMBARI, MUHAMAD ZAKI and Surono, Surono and Sutrisno, Sutrisno (2019) PENGARUH PAKAN KOMPLIT DENGAN LEVEL NDF BERBEDA YANG MENGANDUNG PROBIOTIK ISI RUMEN KERBAU PADA DOMBA TERHADAP NILAI KECERNAAN DAN TDN. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
239Kb
[img]
Preview
PDF
25Kb
[img]
Preview
PDF
83Kb
[img]
Preview
PDF
98Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

764Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecernaan bahan kering (KcBK) dan bahan organik (KcBO) serta nilai total digestible nutrients (TDN) domba lokal pada pakan komplit dengan level neutral detergent fiber (NDF) berbeda yang mengandung probiotik isi rumen kerbau. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April - September 2018 di Kandang Digesti dan Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan, Departemen Peternakan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa domba lokal jantan dengan umur di bawah 5 bulan (Balibul) dengan bobot badan rata–rata 9,79 ± 1,51 kg sebanyak 20 ekor. Bahan yang digunakan adalah pakan dengan kandungan NDF berbeda, isi rumen kerbau kering, HCl 10%, rumput Gajah. Konsentrat yang digunakan tersusun dari pollard, dedak padi, bungkil kelapa, bungkil kedelai, molases, mineral mix, susu skim, jagung giling, dan onggok. Kandang yang digunakan adalah kandang panggung individu dengan ukuran 1 x 0,5 m. Peralatan yang digunakan meliputi sabit dan golok, mesin grinder, karung, terpal, sekop, timbangan ternak berkapasitas 50 kg, timbangan pakan berkapasitas 5 kg, kantong plastik, ember minum, sprayer, nampan, kertas label dan alat tulis. Peralatan yang digunakan untuk analisis di laboratorium yaitu timbangan analitik kapasitas 300 g, oven listrik, tanur listrik, kertas minyak, krusibel porselin dan eksikator. Perlakuan yang diterapkan yaitu pemberian pakan komplit dengan level NDF berbeda dari 25 hingga 40% yang mengandung probiotik isi rumen kerbau serta pakan tanpa probiotik isi rumen kerbau (NDF 25%) sebagai perlakuan kontrol. Parameter yang diamati yaitu konsumsi bahan kering (BK), konsumsi bahan organik (BO), konsumsi TDN, KcBK, KcBO dan nilai TDN. Data yang diperoleh diuji menggunakan analisis ragam dan jika terdapat pengaruh nyata antar perlakuan (P<0,05), dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pakan perlakuan yang diberikan berpengaruh nyata terhadap konsumsi bahan kering, bahan organik dan TDN (P<0,05). Kecernaan bahan kering dan nilai TDN domba yang diberi pakan perlakuan perbedaan level NDF yang mengandung probiotik isi rumen kerbau tidak berpengaruh nyata (P>0,05), dan berpengaruh nyata terhadap kecernaan bahan organik pada domba (P<0,05). Simpulan penelitian ini adalah bahwa penambahan probiotik isi rumen kerbau 5% tidak meningkatkan KcBK dan TDN. Nilai KcBO dengan penambahan probiotik isi rumen kerbau 5% dengan kandungan NDF 25% lebih tinggi dibandingkan penambahan NDF lebih dari 25%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:73327
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jun 2019 11:26
Last Modified:17 Jun 2019 11:26

Repository Staff Only: item control page