PENGARUH PENAMBAHAN ASAM ASETAT PADA RANSUM DENGAN KADAR PROTEIN BERBEDA TERHADAP KONSUMSI RANSUM,KONSUMSI Ca SERTA PERTUMBUHAN TULANG AYAM BROILER

MUKHLIS, REZA and Mangisah, Istna and Sukamto, Bambang (2019) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM ASETAT PADA RANSUM DENGAN KADAR PROTEIN BERBEDA TERHADAP KONSUMSI RANSUM,KONSUMSI Ca SERTA PERTUMBUHAN TULANG AYAM BROILER. Undergraduate thesis, FACULTY OF ANIMAL AND AGRICULTURAL SCIENCES.

[img]
Preview
PDF
226Kb
[img]
Preview
PDF
103Kb
[img]
Preview
PDF
208Kb
[img]
Preview
PDF
113Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

827Kb

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji efektivitas pemberian asam asetat sebagai acidifier dalam ransum dengan level protein yang berbeda konsumsi ransum, konsumsi Ca serta pertumbuhan tulang ayam broiler. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi dan wawasan tentang manfaat pemberian asam asetat dalam pakan dengan level protein yang berbeda berdasarkan konsumsi ransum, konsumsi mineral (Ca) pada tulang tibia dan metatarsus serta pertumbuhan tulang tersebut yang dilaksanakan pada tanggal 8 Januari sampai 12 Februari 2014 di kandang “tiktok”, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, Semarang. Penelitian menggunakan ayam broiler strain Lohmann MB 202 Platinum dari PT. Japfa Comfeed sebanyak 180 ekor yang berumur 1 hari dengan bobot badan 45,6±4,8 gram. Bahan pakan berupa bekatul, jagung kuning, tepung ikan, bungkil kedelai, pmm (poultry meat meal) dan premix serta asam asetat. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) pola faktorial 2x3 dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah level protein kasar yaitu sebesar 21% (T1) dan 20% (T2). Faktor kedua adalah level asam asetat yaitu 0% (V0), 0,75% (V1) dan 1,5% (V2). Pemberian ransum berbeda level protein dan kadar asam asetat tidak mempunyai hasil yang signifikan (P>0.05) terhadap konsumsi ransum, konsumsi Ca dan pertumbuhan tulang tibia dan metatartus, baik terhadap panjang maupun bobot tulang tersebut. Simpulan dari penelitian ini yaitu, pemberian ransum dengan level protein dan kadar asetat sebagai acidifier tidak memberikan pengaruh terhadap konsumsi ransum, konsumsi Ca dan pertumbuhan tulang tibia dan metatartus, baik terhadap panjang maupun bobot tulang tersebut.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions:Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Animal Agriculture
ID Code:73321
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jun 2019 11:15
Last Modified:17 Jun 2019 11:15

Repository Staff Only: item control page