HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA COSPLAYER DI KOMUNITAS COSPLAY SEMARANG (COSMA)

Apsari, Kinari Arya and Siswati, Siswati (2019) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA COSPLAYER DI KOMUNITAS COSPLAY SEMARANG (COSMA). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img]
Preview
PDF
173Kb

Abstract

Konformitas merupakan perubahan kepercayaan atau perilaku yang dilakukan oleh kelompok tertentu. Cyberbullying merupakan perlakuan tidak menyenangkan dengan menggunakan teknologi yang bertujuan untuk menyakiti. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara konformitas dengan kecenderungan perilaku cyberbullying pada cosplayer di komunitas Cosplay Semarang (COSMA). Populasi pada penelitian ini sejumlah 191 cosplayer dengan jumlah sampel penelitian berjumlah 123 cosplayer. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik convinience sampling. Metode pengumpulan data menggunakan Skala Kecenderungan Perilaku Cyberbullying yang berjumlah 34 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,909 dan skala Konformitas yang berjumlah 33 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,882. Metode analisis data yang digunakan adalah Product Moment dari Pearson. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara konformitas dengan perilaku cyberbullying pada cosplayer di komunitas cosplay Semarang (rxy= 0,584; p<0,001). Semakin tinggi konformitas maka semakin tinggi kecenderungan perilaku cyberbullying dan sebaliknya. Kecenderungan perilaku cyberbullying dapat dijelaskan oleh konformitas sebesar 34,1% dan sisa 65,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diukur di dalam penelitian. Kata kunci: kecenderungan perilaku cyberbullying, konformitas, cosplayer

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions:Faculty of Psychology > Department of Psychology
ID Code:73094
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Aug 2019 10:13
Last Modified:23 Aug 2019 10:13

Repository Staff Only: item control page