Pengaruh Penerapan Nilai-nilai Kristiani terhadap Perilaku Caring Spiritual Perawat Di Rawat Inap RS Panti Wilasa "Dr. Cipto" Semarang

Oktaviana, Yetti and Dwiantoro, Luky and Warsito, Bambang Edi (2019) Pengaruh Penerapan Nilai-nilai Kristiani terhadap Perilaku Caring Spiritual Perawat Di Rawat Inap RS Panti Wilasa "Dr. Cipto" Semarang. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yetti Oktaviana Pengaruh Penerapan Nilai-nilai Kristiani terhadap Perilaku Caring Spiritual Perawat Rawat Inap di RS Panti Wilasa “Dr. Cipto” Semarang xxii + 106 halaman + 21 tabel + 3 skema + 12 lampiran Perawat dalam praktek keperawatan mengalami hambatan dalam penyediaan perawatan spiritual antara lain karena tidak memiliki cukup waktu, merasa tidak mampu, merasa takut, tidak memahami dan melintasi batas profesional yang menyebabkan ketidakjelasan dalam memberikan perawatan spiritual. Survei menyebutkanbahwa 72% pasien melaporkan mereka hanya menerima sedikit atau tidak ada dukungan spiritual dari siapapun di tim klinis. Dalam pelayanan keperawatan, perawat kurang memahami bentuk penerapan caring spiritual dalam praktik keperawatan. Careful nursing spiritualvaluemodel digunakan sebagai model caring spiritual dalam praktik keperawatan melalui penerapan nilai spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh penerapan nilai-nilai Kristiani terhadap perilaku caring spiritual perawat. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental design with pre-post test control group. Total sampel berjumlah 96 perawat pelaksana yang diambil dengan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi untuk mengukur penerapan nilai-nilai Kristiani dan lembar observasi untuk mengukur perilaku caring spiritual perawat. Data dianalisa menggunakan Mann-Whitney test. Hasil penelitian menunjukan perbedaan nilai rata-rata perilaku caring spiritual sebelum dan setelah penerapan nilai-nilai Kristiani dengan nilai p value = 0,001 , yang artinya ada pengaruh penerapan nilai-nilai Kristiani terhadap perilaku caring spiritual perawat. Kesimpulan penelitian ini adalahbahwa nilai-nilai iman Kristiani perawat yang dikembangkan dalam konteks pelayanan keperawatan dapat menumbuhkan perilaku caring spiritual perawat dalam praktik keperawatan. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk menyusun panduan perilaku caring spiritual perawat dalam praktik keperawatan yang didasari nilai-nilai spiritualitas yang menjadi petunjuk bagi perawat untuk mempromosikan penyediaan perawatan yang holistik untuk pasien. Kata kunci: Caring spiritual, Nilai-nilai Kristiani, perawat Referensi : 41 (1991 – 2018)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:R Medicine > RT Nursing
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Nursing
ID Code:72945
Deposited By:Mr Bekti Iskandar
Deposited On:24 May 2019 10:23
Last Modified:24 May 2019 10:24

Repository Staff Only: item control page