KAJIAN PENATAAN FISIK DENGAN KONSEP M3K (MUNDUR, MUNGGAH, MADEP KALI) BERDASARKAN ELEMEN URBAN DESIGN DI KAMPUNG GEMBLAKAN BAWAH KOTA YOGYAKARTA

NURROKHMI, Revi and WIDJAJANTI, Retno (2019) KAJIAN PENATAAN FISIK DENGAN KONSEP M3K (MUNDUR, MUNGGAH, MADEP KALI) BERDASARKAN ELEMEN URBAN DESIGN DI KAMPUNG GEMBLAKAN BAWAH KOTA YOGYAKARTA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF
188Kb
[img]
Preview
PDF (Bab V)
113Kb
[img]
Preview
PDF (Judul)
897Kb
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1445Kb

Abstract

Sempadan sungai adalah zona penyangga antara sungai dan ekosistem perairan. Akibat dari kurangnya pemahaman masyarakat tentang fungsi perbatasan sungai, di wilayah perkotaan sempadan sungai digunakan sebagai area permukiman oleh masyarakat. Kondisi ini terjadi di sempadan Sungai Code, Yogyakarta. Untuk mengembalikan sempadan sungai, Pamerti Kali Code (sebuah komunitas yang bergerak dalam pengamat Sungai Code) memprakarsai konsep M3K (Mundur Munggah Madhep Kali). Pengaturan fisik permukiman dengan konsep M3K telah diwujudkan di kampung kumuh di Kampung Gemblakan Bawah yang terletak di tepi Sungai Code. Kampung ini adalah segmen pertama dari 4 segmen yang direncanakan untuk penataan. Setelah konsep M3K diimplementasikan, kampung ini diubah menjadi desa wisata.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:N Fine Arts > NA Architecture
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning
ID Code:72833
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 May 2019 10:23
Last Modified:25 Aug 2020 13:32

Repository Staff Only: item control page